Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode bermain peran (role playing). Metode penelitian menggunakan model penelitin tindak kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dibebankan oleh Ellot Aronson dan Robert E. Salvin model penelitian ini direncanakan terbagi menjadi 2 siklus. Hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bermain peran (role playing) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Metro dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I sebesar 59.67%, siklus II sebesar 74.18% dan siklus III sebesar 87.09%. Pembelajaran kooperatif tipe bermain peran (role playing) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Metro dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 51.61% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 70.96% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 90.32%.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, bermain peran
Copyrights © 2020