Indonesian Journal of Geospatial
Vol 6 No 1 (2017)

Analisis Perubahan Topografi Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak Menggunakan Citra Satelit ALOS PALSAR

Mila Olivia Trianaputri (Kelompok Keahlian Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung)
Asep Saepuloh (Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung)
Ketut Wikantika (Kelompok Keahlian Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Pulau Ring of fire merupakan julukan yang diberikan kepada Indonesia, atas keberadaan deretan gunung apiĀ  diwilayahnya. Posisi tersebut membuat Indonesia wajib memiliki informasi dan pengetahuan yang luas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan gunung api, termasuk mengenai kebencanaan yang mungkin terjadi sebagai akibat dari kondisi wilayah tersebut. Gunung api Sinabung yang terdapat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, merupakan salah satu contoh gunung api di Indonesia yang terus mengalami peningkatan aktivitas vulkanik semenjak tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan grafik perubahan topografi yang terjadi di puncak Gunung Sinabung dan Sibayak, serta mengetahui waktu mulai terjadinya perubahan topografi yang akan mengindikasikan adanya precursor behavior sebelum letusan terjadi. Teknologi penginderaan jauh membuat keseluruhan proses pengamatan topografi tersebut menjadi lebih cepat dan dapat menghemat biaya survei geologi. Metode yang dilakukan adalah dengan mengekstraksi nilai intensitas hamburan balik yang direkam dalam setiap piksel citra SAR Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak, kemudian menghitung nilai normalised radar cross section dari hasil ekstraksi tersebut. Selanjutnya untuk validasi data, dibuat citra rasio yang merupakan perbandingan antara citra sebelum terjadinya letusan dan citra sesudah terjadinya letusan untuk identifikasi arah penyebaran volcanic product Gunung Sinabung. Dengan metode tersebut maka akan dihasilkan informasi mengenai perubahan topografi dan precursor behavior yang ditunjukkan oleh Gunung Sinabung.

Copyrights © 2017