Indonesian Journal of Business Analytics (IJBA)
Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019

Ulfa Fitrian (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah Medan)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 63 perusahaan. Sample penelitian ini sebanyak 18 perusahaan dikali 3 tahun sehingga sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 54 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial dikertahui bahwa variabel Ukuran Perusahaan (X1) dan Leverage (X2) memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba (Y), sedangkan variabel Profitabilitas (X3) tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai f hitung adalah 3.853 dengan tingkat sig 0.015 oleh karena itu nilai sig 0.015 < 0,05 dan nilai F hitung 3.853 > F tabel 2.40 hal ini menunjukkan bahwan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, X2 dan X3 secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Y. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai R square (R2) atau kuadrat R menunjukkan koefisien determinan adalah sebesar 0.309. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel X terhadap variable Y adalah sebesar 30.9%, sedangkan sisanya sebesar 0.691 atau 69.1% dipengaruhi variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijba

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesian Journal of Business Analytics (IJBA) is a peer-reviewed journal providing a space for both practitioners and academics for disseminating research results that work in Business Analytics and related fields. IJBA provides an outlet for the increasing flow of interdisciplinary research ...