Aletheia Christian Educators Journal
Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020

PENGARUH KETERAMPILAN PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DALAM KERANGKA PENDIDIKAN KRISTEN

Fiorentina Agustin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Petra - Surabaya)
Iman Subekti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Petra - Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran IPA SD yang hanya mengandalkan media konvensional berupa teks dan gambar-gambar dapatmenyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diterapkan sebuah prosespembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristen. Sebuah sekolahdasar Kristen di Surabaya menerapkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan video pembelajarandalam kerangka Pendidikan Kristen secara konsisten. Penelitian ini memuat dua variabel yaitu keterampilanproses dan hasil belajar. Penelitian ini hendak mengetahui pengaruh keterampilan proses pada penggunaan videopembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVSD. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan kuantitatif kausal atau ada hubungan sebab danakibat. Hasil analisis data berdasarkan uji pengaruh (regresi liniear/ANOVAb) menunjukkan bahwa adapengaruh keterampilan proses pada penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaranIPA dalam kerangka pendidikan Kristen ditandai dengan nilai signifikansi < 5%, Sig 0,019 < 0,05. Besarnyapengaruh keterampilan proses pada penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar yaitu sebesar 13,4%.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristenberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aletheia

Publisher

Subject

Education Other

Description

ALETHEIA Christian Educators Journal merupakan wadah publikasi hasil penelitian Pendidikan Kristen yang memiliki nomor e-ISSN 2776-3714, yang secara daring (online) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Kristen Petra dengan tujuan (1) Mempublikasikan berbagai hasil ...