cover
Contact Name
Magdalena Pranata Santoso
Contact Email
magdaps@petra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aletheia_journal@petra.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Education, Petra Christian University, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Aletheia Christian Educators Journal
ISSN : -     EISSN : 27763714     DOI : https://doi.org/10.9744/aletheia
Core Subject : Education,
ALETHEIA Christian Educators Journal merupakan wadah publikasi hasil penelitian Pendidikan Kristen yang memiliki nomor e-ISSN 2776-3714, yang secara daring (online) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Kristen Petra dengan tujuan (1) Mempublikasikan berbagai hasil penelitian merupakan hasil penelitian kualitatif maupun kuantitatif, penelitian konseptual dan artikel-artikel dengan tujuan dan lingkup yang ditetapkan, (2) Mempublikasikan berbagai hasil penelitian di antaranya penelitian lapangan kuantitatif maupun kualitatif, kajian konseptual dan kritis, studi kasus dan bentuk pemikiran orisinal lainnya dalam lingkup penelitian Pendidikan Kristen, dan (3) Menjadi media informasi dan media pengkajian untuk mengembangkan profesional dan praktik situasional, meningkatkan penelitian ilmiah di berbagai bidang dalam pendidikan Kristen serta mendukung dan memberi inspirasi bagi para pendidik Kristen.
Articles 80 Documents
KOMPONEN PACE YANG MENGEMBANGKAN KOMPETENSI MAKSIMAL DALAM DIRI MURID-MURID KELAS 2 SDTK PELANGI KRISTUS, SURABAYA Julian Soselisa; Magdalena Pranata Santoso
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.479 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.1-8

Abstract

Proses pembelajaran akan menjadi maksimal, jika proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan apa yang menjadi keunikan murid. Setiap murid diciptakan dengan talenta mereka yang berbeda, tidak bisa disamakan antara satu murid dengan murid yang lainnya, sehingga dibutuhkan suatu proses pembelajaran yang dapat mengakomodasi setiap keunikan murid, yaitu murid dapat tetap berkembang dengan maksimal sesuai dengan kelambatan ataupun kecepatannya. Tujuan utama dari termaksimalkannya kompetensi atau talenta murid adalah, untuk mempersiapkan mereka menggenapi setiap panggilan Tuhan di dalam kehidupannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komponen PACE mana saja, yang dapat menolong murid-murid untuk berkembang secara maksimal. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana menggambarkan fenomena yang ada di sekolah. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk wawancara kepada murid dan supervisor serta adanya observasi. Hasil dari penelitian ini adalah setiap komponen yang terdapat di dalam PACE, menolong murid-murid untuk berkembang secara maksimal, dalam segi kognitif, spiritual, karakter dan talenta.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD DALAM KERANGKA PENDIDIKAN KRISTEN Bica Aryheita; Iman Subekti
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.288 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.9-16

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran Matematika. Sehingga dalam penelitian ini penyusunan instrumen berfokus pada indikator motivasi belajar siswapada mata pelajaran Matematika dalam kerangka Pendidikan Kristen. Pendidikan Kristen memegang peranan kunci dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penyusunan setiapitem dalam instrumen memuat unsur Pendidikan Kristen yang melatarbelakangi tumbuhnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan hubungan kausal yaitu sebab akibat. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuisioner) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya berdasarkan hasil ujicoba angket. Isi angket motivasi belajar dinyatakan valid untuk masing-masing item karena melebihi r tabel 0,2144 dan reliabel karena Cronbach’s Alpha melebihi 0,6.Hasil analisis datamenunjukkan bahwa adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam kerangka Pendidikan Kristen terbukti dengan nilai signifikansi kurang dari 5% , sig 0,003 <0,05. Sedangkan besarnya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar yaitu 0,27 (R square) atau 27%. Hubungan yang terjalin antara variabel motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalamkerangka Pendidikan Kristen adalah hubungan positif. Dalam hal ini jika motivasi belajar dalam kerangka Pendidikan Kristen meningkat maka hasil belajar siswa juga meningkat
METODE GURU UNTUK MENOLONG ANAK TERISOLIR DALAM INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH DASAR KRISTEN MAWAR SHARON Indri Mariani Nainggolan; Kartika Bayu Primasanti
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.404 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.17-27

Abstract

Anak-anak terisolir merupakan anak-anak dengan masalah kesulitan membangun hubungan sosialdengan teman sebaya. Biasanya anak-anak tersebut terlupakan atau selalu menjadi pilihan terakhir dariteman-temannya. Penyebab adanya anak terisolir sangat beragam, sebagian besar di antaranya adalahanak tersebut tidak sesuai dengan standar dan norma yang dimiliki teman-temannya. Pada tahap ini,peran guru sangatlah penting untuk menolong mereka keluar dari keterisolirannya. Dengan metodepenelitian kualitatif konstruktif, penelitian ini bertujuan untuk mencari metode-metode untuk menolonganak-anak terisolir. Adapun informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah empat guru Kristen diSD Kristen Mawar Sharon yang memiliki pengalaman langsung menangani anak terisolir. Melaluiwawancara, penyusunan platform metode yang menolong anak terisolir, dan FGD yang dilakukan,peneliti merumuskan beberapa temuan penelitian, yakni yang pertama yaitu pemahaman terhadap anakterisolir sebagai langkah awal penanganan. Kedua adalah faktor yang membentuk pribdi anak menjaditerisolir. Ketiga yaitu pentingnya memiliki anecdotal record sebagai arsip dalam membuat perencanaanpenanganan anak terisolir. Keempat adalah metode-metode konseling yang dapat diterapkan untukmenolong anak terisolir. Kelima adalah pentingnya peran orang tua sebagai stakeholder guru.
PENERAPAN PENDIDIKAN KRISTEN DALAM KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR YANG MENOLONG MURID BELAJAR SECARA EFEKTIF BERDASARKAN PERSPEKTIF ALKITAB Viola Jesiska Salinding; Magdalena Pranata Santoso
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.361 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.28-39

Abstract

Tujuan belajar di dalam pendidikan umum berbeda dengan tujuan belajar di dalam pendidikan Kristen.Pendidikan umum bertujuan untuk menjadikan murid menjadi warga negara yang baik sedangkantujuan utama pendidikan Kristen adalah memperlengkapi murid menjadi warga Kerajaan Surga.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pendidikan Kristen yang menolong murid untukbelajar secara efektif berdasarkan perspektif Alkitab. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non participan dan wawancaramendalam. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan denganmenggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa murid difasilitasi untuk memiliki dan membangun relasi pribadidengan Tuhan Yesus, murid belajar untuk menghidupi visi Tuhan Yesus dan meneladani karakterTuhan Yesus, dan difasilitasi untuk hidup di bawah otoritas Firman Tuhan di dalam seluruh prosespembelajaran.
PENGARUH KETERAMPILAN PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DALAM KERANGKA PENDIDIKAN KRISTEN Fiorentina Agustin; Iman Subekti
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.543 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.40-47

Abstract

Pembelajaran IPA SD yang hanya mengandalkan media konvensional berupa teks dan gambar-gambar dapatmenyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diterapkan sebuah prosespembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristen. Sebuah sekolahdasar Kristen di Surabaya menerapkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan video pembelajarandalam kerangka Pendidikan Kristen secara konsisten. Penelitian ini memuat dua variabel yaitu keterampilanproses dan hasil belajar. Penelitian ini hendak mengetahui pengaruh keterampilan proses pada penggunaan videopembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVSD. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan kuantitatif kausal atau ada hubungan sebab danakibat. Hasil analisis data berdasarkan uji pengaruh (regresi liniear/ANOVAb) menunjukkan bahwa adapengaruh keterampilan proses pada penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaranIPA dalam kerangka pendidikan Kristen ditandai dengan nilai signifikansi < 5%, Sig 0,019 < 0,05. Besarnyapengaruh keterampilan proses pada penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar yaitu sebesar 13,4%.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran dalam kerangka pendidikan Kristenberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.
PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS ALKITAB UNTUK MENOLONG MURID SEKOLAH DASAR BERPROSES MENGASIHI TUHAN YESUS Julita Julita; Magdalena Pranata Santoso
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.807 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.48-57

Abstract

Pada zaman sekarang ini, terdapat sekolah Kristen yang melaksanakan pembelajaran hanya berpusat pada guru.Haltersebut menyebabkan murid belum mengalami proses belajar yang membuatnya aktif dan mandiri di kelas.Olehnya itu, sebuah pembelajaran akan lebih baik jika orientasinya murid yang dijalankan sesuai dengan nilainilai Alkitab. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya kegiatan pembelajaran mandiriberbasis Alkitab untuk menolong murid SD mengasihi Tuhan Yesus. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik analisa datadilakukan melaluitriangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasiteori. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran mandiri berbasis Alkitab yang dilakukan diSDTK PelangiKristus menolong muridSD untuk mengasihi Tuhan Yesus.
PENERAPAN PENDIDIKAN KRISTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERELASI MURID SEKOLAH DASAR TEOLOGIA KRISTEN ‘N’ SURABAYA Tirza Nathania; Yuli Christiana Yoedo
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.45 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.58-74

Abstract

Pada zaman sekarang, ada cukup banyak kasus kekerasan yang dilakukan murid-murid terhadaptemannya. Hal ini merupakan hal yang kurang baik bagi keterampilan berelasi murid terhadapsesamanya. Guru dalam dunia pendidikan memiliki kesempatan untuk membimbing murid dalammemiliki relasi yang baik dengan sesamanya. Sayangnya, guru-guru pada umumnya hanyalah seorangyang memberikan dan mengajarkan materi pembelajaran kepada murid-murid. Relasi yang terjadihanyalah sebatas guru dan murid, dan tidak lebih dari itu. Guru memiliki peran untuk membimbing,menolong, dan mendidik murid. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran guru untuk meningkatkanketerampilan berelasi murid dalam pendidikan Kristen di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini meneliti tiga macam kegiatan pembelajaran,yaitu PACE time, area time, dan devotion time. Peneliti menyelidiki bagaimana guru berperan dalam menerapkanpendidikan Kristen melalui tiga kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan berelasi murid. Dari pengamatanpeneliti, guru berperan sebagai seniman, pemahat, fasilitator, pembimbing, gembala, dan pemberi teladan bagimurid-murid. Guru memikirkan cara yang terbaik untuk meningkatkan keterampilan berelasi murid. Salahsatunya adalah dengan membimbing murid-murid melalui kesempatan-kesempatan untuk menerapkan nilai-nilaiyang telah dipelajari. Melalui teladan guru, guru melatih keterampilan berelasi murid dengan Tuhan dantemannya sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.
MODEL RELASI GURU DAN MURID UNTUK MENOLONG MURID MENGEMBANGKAN PERSEPSI YANG POSITIF TERHADAP DIRINYA DAN TERHADAP GURU Viona Evelin Salinding; Magdalena Pranata Santoso
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.084 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.75-84

Abstract

Relasi antara guru dan muridmerupakan salah satu relasi yang sangat penting dalamkehidupan seseorang karenamemiliki banyak dampak bagi kehidupan murid. Salah satu dampaknya adalah bagi pembentukan persepsimurid. Guru-guru dan murid-murid di SDTK Pelangi Kristus memiliki relasi yang sangat dekat satu denganyang lainnya. Hal ini terlihat di dalam cara guru dan murid berinteraksi dan memperlakukan satu sama laindengan penuh rasa hormat dan kasih setiap hari. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahuimodel relasi yang diterapkan oleh guru dan murid di SDTK Pelangi Kristus untuk menolong muridmengembangkan persepsi yang positif terhadap dirinya dan terhadap guru. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa guru-guru dan murid-murid di kelas 2 SDTK Pelangi Kristus menerapkan tiga modelrelasi, yaitu model relasi gembala-domba, mentoring dan collegial. Ketiga model relasi tersebutdapatmenolongmurid untukmengembangkan persepsiyang positifterhadap dirinyadan terhadap guru.
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PERSPEKTIF KRISTIANI DI KELAS VA SD KRISTEN X SURABAYA Novianti Yanti Lapik; Lily Eka Sari
Aletheia Christian Educators Journal Vol 1 No 1 (2020): OKTOBER 2020
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.745 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.1.1.85-96

Abstract

Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru mengakibatkan murid tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan tidak berlatih keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi model cooperative learning dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas VA SD Kristen X Surabaya berdasarkan perspektif pendidikan Kristiani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumen. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan, dan pengujian kesimpulan. Dari hasil penelitian didapati bahwa implementasi model cooperative learning dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas VA SD Kristen X Surabaya menjadikan murid sebagai pusat dalam kegiatan pembelajaran sehingga murid dapat melatih keterampilan sosialnya sesuai dengan perspektif Kristiani.
PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA Betharia Krisdianti; Yuli Christiana Yoedo
Aletheia Christian Educators Journal Vol 2 No 1 (2021): APRIL 2021
Publisher : Faculty of Teacher Education - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.628 KB) | DOI: 10.9744/aletheia.2.1.1-23

Abstract

Murid akan menjadi penerus bangsa, maka murid perlu memiliki karakter yang baik dan benar. Karakter baik ini akan tumbuh bila guru menerapkan pembelajaran yang baik dan benar. Namun banyak guru yang masih belum menerapkan proses pembelajaran dan penerapan disiplin yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara menerapkan disiplin kepada murid kelas I-A SD dengan menggunakan prinsip disiplin positif dan integrasi Iman Kristen pada siswa kelas I-A SD di Sekolah Dasar Kristen ‘X’ Surabaya. Melihat kasus kekerasan oleh guru dengan alasan disiplin, diharapkan penelitian ini memberi gambaran baru akan pola disiplin yang tidak menggunakan kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Guru Bahasa Inggris di kelas I-A menjadi subjek penelitian. Peneliti melakukan observasi terhitung dari bulan Agustus hingga bulan November, dan melakukan wawancara kepada subjek penelitian. Peneliti juga mengkonfirmasi data bersama wali kelas sebagai informan. Data tersebut diolah dengan menggunakan teori disiplin positif dan disiplin positif dari sudut pandang Iman Kristen dan analisis dari peneliti. Peneliti menguji apakah penerapan dapat diterima oleh murid dengan baik atau tidak, peneliti membagikan kuisioner untuk melihat respon dari murid kelas I-A. Peneliti memberi pertanyaan mengenai “apakah murid sudah mentaati peraturan yang berlaku?” sebanyak 90% menjawab sudah mentaati. 10% belum, peneliti melihat hasil observasi dan wawancara dengan subjek penelitian, melihat ada faktor dari diri murid yang membuat murid belum bisa mentaati peraturan. Perolehan data murid yang mampu mentaati perturan menunjukkan lebih dari 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan yang dilakukan guru Bahasa Inggris di kelas I-A ini mampu menolong murid memiliki sikap disiplin.