Buletin Veteriner Udayana
Vol. 14 No. 3 June 2022

Prevalensi Infeksi Trichuris spp. pada Sapi Bali di Kelompok Ternak Dukuh Sari Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali

Rio Fadly Sihombing (Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman, Denpasar Bali)
Ida Bagus Made Oka (FakuLaboratorium Parasitologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman, Denpasar Baliltas Kedokteran Hewan Universitas Udayana)
Anak Agung Gde Arjana (Laboratorium Farmakologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman, Denpasar Bali)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi infeksi cacing Trichuris spp. pada sapi bali dan hubungan jenis kelamin, umur, dan jumlah sapi dalam kandang terhadap infeksinya di kelompok ternak Dukuh Sari, desa Pempatan, kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem, Bali. Sampel yang digunakan sebanyak 102 feses sapi bali yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, umur dan jumlah sapi dalam kandang. Sampel diperiksa menggunakan metode konsentrasi apung dan identifikasi telur cacing berdasarkan morfologi, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin, umur dan jumlah sapi dalam kandang terhadap prevalensi infeksi Trichuris spp. dianalisis dengan Chi square test. Hasil penelitian diketahui sebanyak 6 sampel (5,9%) positif terinfeksi cacing Trichuris spp. sedangkan jenis kelamin, umur dan jumlah sapi dalam kandang tidak berpengaruh nyata (P.0,05) yang artinya tidak ada hubungan terhadap prevalensi infeksi Trichuris spp. pada sapi bali di kelompok ternak Dukuh Sari.

Copyrights © 2022