Inverted
Vol 2, No 1: Januari 2022

Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi

Andi Putri Kumala Sari (Universitas Negeri Gorontalo)
Dian Novian (Universitas Negeri Gorontalo)
Rahman Takdir (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Telaga Biru masih kurang efektif dikarenakan sekolah ini masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional, penyampaian materinya cenderung mengandalkan papan tulis, buku teks yang monoton serta sistem ceramah yang terkesan membosankan sehingga berpengaruh pada kemauan siswa untuk belajar.  Sebagian besar metode pembelajaran dilakukan dengan cara yang sama termasuk geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Merancang multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran geografi. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa melalui pengukuran efektifitas media pembelajaran interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development dengan menggunakann model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evalution). Hasil penelitian pengembangan multimedia interaksi berbasis website untuk siswa kelas XIIS-3 di SMA Negri 1 Telaga Biru karena telah memenuhi komponen-kompenen multimedia pembelajaran dan digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah melewati proses pengujian kelayakan oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan pada aspek tujuan pembelajaran diperoleh persentase 100%, dan aspek penilaian contant/isi diperoleh kelayakan 97,2%. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media menunjukkan persentase kelayakan pada aspek penilaian tampilan diperoleh persentase kelayakan sebesar 75%, aspek penilaian penilaian Navigasi diperoleh persentase kelayakan sebesar 75%. Penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif dengan hasil pengguna mencapai 78.44%. Multimedia interaktif berbasis website berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil pengujian korelasi product moment sebesar 5,452 dan memenuhi ketentuan thitung ttabel dengan besaran kontribusi sebesar 49,77%, dan pengujjian N-gain ternormalisasi hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar sebesar 37,50% dan rata-rata nilai gain sebesar 0,34. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran; ADDIE; Motivasi Belajar; Geografi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...