Jurnal Pustaka Mitra : Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat
Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Pelatihan Pembuatan Boneka Tangan Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di TK IT Namira Bogor

Martha Tisna Ginanjar Putri (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Fitria Iswari (Universitas Indraprasta PGRI)
Widya Nuriyanti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Indonesia telah mengalami bencana virus covid 19 atau corona yang hingga saat ini tahun 2021 tak kunjung diketahui kapan akan mereda. Penyebaran virus ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan dari semua jenjang pendidikan. Salah satunya adalah TKIT Namira Bogor yang tidak dapat secara maksimal melakukan kegiatan belajar mengajar akibat virus corona ini. Pembelajaran online dirasa kurang maksimal untuk memberikan materi karena anak tidak berinteraksi dan berkegiatan secara langsung. Anak usia 2 sampai 7 tahun pada tahap ini secara mental bisa merepresentasikan peristiwa dan objek (fungsi semiotik atau tanda), dan terlibat dalam permainan simbolik (Jean Piaget dalam Nurmawati 2015). Tim abdimas Universitas Indraprasta PGRI berupaya memberikan solusi melalui pelatihan pembuatan pembuatan media pembelajaran boneka tangan kepada guru dan orang tua murid di TKIT Namira Bogor. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan ketrampilan guru dan orang tua murid membuat inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data berupa survei ke lokasi mitra, wawancara, dan pelatihan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa ketrampilan membuat boneka tangan sebagai media story telling kepada anak usia TK di TKIT Namira Bogor yang dapat dipraktikkan sendiri dirumah oleh orang tua secara langsung.   Kata Kunci : Inovasi, Media Pembelajaran, Boneka Tangan     Abstract   Indonesia has experienced the COVID-19 or corona virus disaster, which until now in 2021 it is not known when it will subside. The spread of this virus is very influential on the world of education from all levels of education. One of them is TKIT Namira Bogor which cannot optimally carry out teaching and learning activities due to this corona virus. Online learning is considered less than optimal for providing material because children do not interact and engage in activities directly. Children aged 2 to 7 years at this stage can mentally represent events and objects (semiotic functions or signs), and engage in symbolic games (Jean Piaget in Nurmawati 2008: 2). The PGRI Indraprasta University service team tried to provide solutions through training in making hand puppet learning media for teachers and parents at TKIT Namira Bogor. The purpose of this community service activity is to improve the skills of teachers and parents to make learning innovations that are more interesting and not boring. The research method used is a qualitative method, namely by collecting data in the form of surveys to partner locations, interviews, and training. The results of this community service are in the form of skills in making hand puppets as a medium for story telling to kindergarten age children at TKIT Namira Bogor which can be practiced at home by parents directly. Keywords: Innovation, Learning Media, Hand Puppet   Correspondence author: Martha Tisna, marthatisna91@gmail.com, Jakarta, Indonesia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pustakamitra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Pustaka Mitra adalah jurnal hasil pengabdian masyarakat dari berbagai disiplin ilmu, terbit 4 kali dalam setahun. yakni di Bulan Maret, Juni, September, dan ...