cover
Contact Name
Ikhsan
Contact Email
jurnalpustakamitra@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpustakamitra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Batu Kasek Blok E 11 Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat
Published by Pustaka Galeri Mandiri
ISSN : -     EISSN : 28082885     DOI : -
Jurnal Pustaka Mitra adalah jurnal hasil pengabdian masyarakat dari berbagai disiplin ilmu, terbit 4 kali dalam setahun. yakni di Bulan Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 126 Documents
Plus Minus Teknologi Komunikasi Sebagai Media Penyiaran Di SMA Muhammadiyah Medan Nurul Saniah; Indah Lestari
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.783 KB)

Abstract

Di era globalisasi yang modern sekarang ini sudah tidak asing lagi yang berhubungan dengan komunikasi. Banyak orang bisa terhubung dengan media komunikasi. Media komunikasi banyak ragamnya, dari mulai smartphone, internet, komputer dan lain-lain. Dengan adanya media komunikasi ini memudahkan kita dalam melakukan segala hal, seperti yang telah ada pada aplikasi-aplikasi smartphone, seperti aplikasi jual beli, komunikasi, hiburan, games, dan lain-lain. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kehidupan yang dijalani, awalnya tidak mengetahui aplikasi tersebut menjadi lebih tahu dan menjadi kebutuhan yang sangat penting. Tidak hanya itu saja media komunikasi juga sebagai sarana penyiaran yang sangat berpengaruh dan bisa menghubungkan yang satu dan yang lainnya. Seperti kita ketahui media adalah suatu alat yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia. Media dapat digolongkan menjadi menjadi tiga menurut jenisnya, yaitu media cetak yang terdiri dari koran, majalah, dan lain-lain, media elektronik terdiri dari televisi dan radio, dan media online. Dengan adanya media komunikasi ini akan memudahkan penggunanya dalam mendapatkan informasi, hiburan dan lain-lain. Media komunikasi ini bisa berdampak positif dan negatif bagi para penggunanya. Pegabdian kepada masyarakat ini menyampaikan materi mengenai plus minus teknologi komunikasi sebagai media penyiaran kepada siswa/i.
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Melalui Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Di Kelurahan Dodu Kota Bima Puji Muniarty; Wulandari; Supratman; Muh Yuslan; Murniati; Ari Afriansyah; Wahidah
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.477 KB)

Abstract

Posisi strategi Kelurahan Dodu dengan potensi sumber daya alam khusus nya pertanian dan perkebunan menjadi daya tarik ekonomis untuk menambah penghasilan masyarakat. Selama ini, masyarakat belum terbiasa memanfaatkan limbah rumah tangga maupun potensi sumber daya sekitar untuk menghasilkan produk yang lebih bernilai ekonomis. Penyelenggaraan KKN tematik membangun desa bertujuan untuk membangun kesadaran kritis masyarakat dalam rangka membangun komunitas (desa) yang lebih partisipatif dan mampu menemukan gagasan-gagasan kreatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa KKN STIE Bima Angkatan-19 di kelurahan Dodu dibagi menjadi empat tahap yaitu; observasi, persiapan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi. Pupuk organik cair dibuat menggunakan bahan bersumber dari limbah rumah tangga berupa air cucian beras, nasi basi dan sisa sayuran/kulit buah. Semua bahan perlu penambahan EM4 sebagai katalisator dalam pembuatan pupuk organic cair. Limbah yang sudah tidak memiliki nilai ekonomis lagi, namun limbah tersebut akan memiliki nilai guna dan dapat dimanfaatkan kembali apabila diolah menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Kata kunci: Pelatihan, pupuk, pemanfaatan limbah.
Konseling Tentang Covid-19 Dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Dengan 5M Derma Wani Damanik; Julwansa Saragih
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.654 KB)

Abstract

Coronavirus disease 2019 telah dinyatakan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai global pandemik dan di Indonesia dinyatakan sebagai jenis penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat serta bencana non alam, yang tidak hanya menyebabkan kematian tapi juga menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar, yang memerlukan upaya penanggulangan termasuk pencegahan dan pengendalian. Provinsi Sumatera Utara mengalami kenaikan > 3x lipat pada pekan terakhir mencapai 46.053 kasus, dengan jumlah kasus tertinggi berada di Kota Medan diikuti Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Simalungun. Peningkatan kasus bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran warga dalam melaksanakan protocol Kesehatan. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan konseling atau penyuluhan tentang covid-19 dan pelaksanaan protocol Kesehatan baik di rumah maupun di luar rumah. Kegiatan dilakukan kepada warga Huta II kelurahan Karangsari Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan peserta setelah mendapatkan konseling ataupun penyuluhan, dimana diperoleh data yang mengerti tentang defenisi sebanyak 10 orang (83,3%), gejala 12 orang (100%), cara penularan 11 orang (91,6%), pencegahan 10 orang (83,3%), dan penatalaksanaan 9 orang (75%).
Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk Sri Wahyuni
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.708 KB)

Abstract

Dimasa pandemic covid 19 sekarang ini membuat pelaku usaha harus memiliki strategi untuk tetap bertahan bahkan berkembang, Namun masih kurang dipahami dan dipraktekkan oleh pelaku usaha . Oleh karena itu, perlu pengenalan secara rinci terkait keberadaan merek dan fungsi dari digitalisasi yang dipresentasikan dalam bisnis model canvas (BMC). Template BMC yang sederhana dapat menjelaskan komponen utama penunjang operasional secara ringkas yang ternyata lebih memudahkan pelaku usaha untuk memahami usahanya. Hasil yang dirasakan oleh program ini diantaranya menerima dan memahami penggunaan BMC untuk merancang bisnis baru atau membenahi bisnis yang ada serta mampu menghasilkan produk atau jenis usaha baru .
Pelatihan Aplikasi Quizizz Sebagai Saran Ujian Berbasis Dalam Jaringan Abdul Meizar; Heri Gunawan; Noprita Elisabeth Sianturi; Andrian Syahputra; Muhardi Saputra
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.815 KB)

Abstract

Berbagai macam kajian terkait dengan pemanfaatan aplikasi Quizizz, menunjukkan kemanfaatan yang didapat, menggambarkan bahwa Quizizz bisa meningkatkan kompetensi setiap siswa dan keahlian siswa. Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz, adalah salah satu upaya mengakomodir permasalahan media pembelajaran di Indonesia yang tidak bisa diterapkan secara konvensional dengan pembelajaran lain yang berbasis Teknologi Informatika dan Komputer. Padahal, model pembelajaran pendidikan berbasis teknologi bisa di strategikan secara naratif yang bersifat prespektif. Sehingga, menghasilkan rumusan upaya pemecahan masalah melalui pemanfaatan aplikasi Quizizz, terutama pada siswa Tsanawiyah. Siswa Tsanawiyah yang sedang tumbuh-tumbuhnya olah emosi, terkadang bisa memperlambat proses kinerja otak, ketika sedang kegiatan proses belajar mengajar berlangsung. Untuk menciptakan atmosfer pembelajaran yang lebih hidup, pemanfaatan aplikasi Quizizz bisa menjadi upaya tersebut, tanpa menghilangkan esensi dari materi yang telah disampaikan oleh guru. Permainan Quizizz dapat membantu mendorong motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Dewi, C. K., yang menyatakan, bahwa pembelajaran berbasis permainan mempunyai potensi yang baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal.
Pelatihan Penggunaan DCM (Daftar Cek Masalah) Bagi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengidentifikasi Masalah Siswa Siti Divinubun; Sawal Mahaly; Jumail
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.154 KB)

Abstract

Daftar Cek Masalah (DCM) adalah daftar yang berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan masalah yang diasumsikan biasa dialami oleh individu dalam tingkat perkembangan tertentu. DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami oleh individu, dengan merangsang atau memancing individu untuk pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialaminya. Tujuan dari kegiatan ini agar dapat membantu guru bimbingan konseling menggunakan aplikasi DCM untuk mendapatkan informasi tentang masalah peserta didik yakni masalah pribadi, sosial, belajar dan karir agar segera dibantu untuk mengatasinya. Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan ini antara lain: (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Dengan adanya adanya kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi DCM bagi guru bimbingan dan konseling sangat membantu guru bimbingan konseling untuk mendapatkan informasi bagi peserta didik yang memiliki masalah pribadi, sosial, belajar dan karir yang segera dibantu untuk mengatasi masalah yang dialaminya. Hal ini dilihat dari semangat guru bimbingan konseling dalam mengunakan aplikasi DCM.
Edukasi Etika Batuk dan Bersin Yang Benar Pada Penderita TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Buntung Batam Larasuci Arini; Setiadi Syarli; Yulia Devi Putri; Resi Novia
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.402 KB)

Abstract

Tuberkulosis, lebih dikenal dengan TB Paru adalah suatu penyakit infensi menular disebabkab oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai orang tubuh manusia khususnya paru – paru. Berdasarkan data dari Kemenkes tahun 2016 pasien penderita TB paru berjumlah 324.539 orang. Penyakit ini masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Batuk dan bersin bagi penderita TB Paru adalah respon fisiologis yang perlu diperhatikan agar tidak menularkan kepada orang lain. Upaya pencegahan yang dilakukan agar penularan ini tidak meluas, perlu di berikan edukasi dengan metode penyuluhan kepada penderita TB Paru dengan tujuan agar penderita TB Paru memperhatikan etika ketika batuk dan bersin.Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah penyuluhan kesehatan tentang etika batuk dan bersin pada penderita.Dalam kegiatan penyuluhan kesehatan ini di hadiri sebanyak 20 orang penderita Tb Paru. pelaksanaan kegaitan ini di halaman puskesmas tanjung buntung pada tanggal 08 Agustus 2020 selama 1hari. Sebelum dilakukan penyuluhan kesehatan ini, hanya 3 orang panderita TB Paru yang paham tentang etika batuk dan bersin yang efektif hal ini karena selalu diingatkan oleh anggota keluarganya dan ada penderita yang memiliki anak seorang perawat sehingga edukasi etika batuk dan bersin dapat di lakukan. sementara 17 orang lain nya tidak mengetahui ada nya etika batuk dan bersin karena kurangnya pengetahuan.
Eksistensi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima Taufik Bima; Haerun Yasin; Junaidin
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.546 KB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan, Pasal 10 bahwa pembentukan lembaga kemasyarakatan dikelurahan atas prakarsa masyarakat melalui musyawarah dan mufakat. Beberapa fungsi yang diemban Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yakni penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dikelurahan Rabangodu Selatan, maka dari itu fungsi dari LPM ini sangat penting dalam memobilisasi masyarakat dalam berbagai kegiatan yang bersifat fisik dan non fisik. Tujuannya untuk mengetahui fungsi LPM dikelurahan Rabangodu Selatan. Metode pengabdian berupa action research, Data yang diperoleh yaitu eksistensi dari LPM merupakan mobilisator dalam memberikan ruang pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Hasil diperoleh bahwa fungsi LPM dikelurahan Rabangodu Selatan telah memberikan dampak intensifikasi dan memberikan ruang bagi masyarakat dalam berbagai kegiatan diselenggarakan pemerintah kelurahan, namun sayangnya terdapat sebagian masarakat yang attitude individualis. Kesimpulan LPM memberikan ruang partisipasi masyarakat dalam menentukan prioritas usulan program di Kelurahan Rabangodu Selatan dalam berbagai kegiatan.
Meningkatkan Minat Remaja Terhadap Tradisi Berzanji Dan Ad-Diba’i Demi Pemahaman Keagamaan Hanif Khoiri; Andhita Risko Faristiana
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.95 KB)

Abstract

Adanya wabah covid-19 yang melanda negara Indonesia membuat segala aktivitas terhambat. Hal ini juga berpengaruh pada proses kegiatan masyarakat banyak yang tidak terealisasi. Sebelumnya desa Ngrukem salah satu desa yang cukup aktif dalam berkegiatan di masyarakat, terlebih para remaja maupun karang taruna yang bersemangat mengadakan kegiatan perayaan. Akan tetapi, yang kita ketahui ternyata remaja di Desa Ngrukem banyak yang berdiam diri di rumah melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Maka dengan adanya tradisi berzanji dan ad-diba’i dapat mengisi waktu luang remaja Desa Ngrukem untuk bersholawat. Karena, Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw merupakan amalan yang sangat agung, dikarenakan shalawat adalah satu-satunya amalan yang Allah dan para Malaikat-Nya juga melaksanakannya, di samping memerintah kepada hamba-Nya yang mu’min untuk melaksanakannya. Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dapat menjadi wasilah, dan dengan wasilah ini, orang yang membaca shalawat akan memperoleh garansi syafaat dari Nabi Muhammad Saw. Untuk mempermudah terkabulnya doa, maka kita dapat menggunakan sholawat sebagai perantaranya. Dalam hal ini kita menggunakan sholawat sebagai wasilah supaya doa kita cepat diijabahi oleh Allah.  
Pelatihan Pembuatan Boneka Tangan Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di TK IT Namira Bogor Martha Tisna Ginanjar Putri; Fitria Iswari; Widya Nuriyanti
Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Publisher : Pustaka Galeri Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.206 KB) | DOI: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.31

Abstract

Indonesia telah mengalami bencana virus covid 19 atau corona yang hingga saat ini tahun 2021 tak kunjung diketahui kapan akan mereda. Penyebaran virus ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan dari semua jenjang pendidikan. Salah satunya adalah TKIT Namira Bogor yang tidak dapat secara maksimal melakukan kegiatan belajar mengajar akibat virus corona ini. Pembelajaran online dirasa kurang maksimal untuk memberikan materi karena anak tidak berinteraksi dan berkegiatan secara langsung. Anak usia 2 sampai 7 tahun pada tahap ini secara mental bisa merepresentasikan peristiwa dan objek (fungsi semiotik atau tanda), dan terlibat dalam permainan simbolik (Jean Piaget dalam Nurmawati 2015). Tim abdimas Universitas Indraprasta PGRI berupaya memberikan solusi melalui pelatihan pembuatan pembuatan media pembelajaran boneka tangan kepada guru dan orang tua murid di TKIT Namira Bogor. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan ketrampilan guru dan orang tua murid membuat inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data berupa survei ke lokasi mitra, wawancara, dan pelatihan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa ketrampilan membuat boneka tangan sebagai media story telling kepada anak usia TK di TKIT Namira Bogor yang dapat dipraktikkan sendiri dirumah oleh orang tua secara langsung.   Kata Kunci : Inovasi, Media Pembelajaran, Boneka Tangan     Abstract   Indonesia has experienced the COVID-19 or corona virus disaster, which until now in 2021 it is not known when it will subside. The spread of this virus is very influential on the world of education from all levels of education. One of them is TKIT Namira Bogor which cannot optimally carry out teaching and learning activities due to this corona virus. Online learning is considered less than optimal for providing material because children do not interact and engage in activities directly. Children aged 2 to 7 years at this stage can mentally represent events and objects (semiotic functions or signs), and engage in symbolic games (Jean Piaget in Nurmawati 2008: 2). The PGRI Indraprasta University service team tried to provide solutions through training in making hand puppet learning media for teachers and parents at TKIT Namira Bogor. The purpose of this community service activity is to improve the skills of teachers and parents to make learning innovations that are more interesting and not boring. The research method used is a qualitative method, namely by collecting data in the form of surveys to partner locations, interviews, and training. The results of this community service are in the form of skills in making hand puppets as a medium for story telling to kindergarten age children at TKIT Namira Bogor which can be practiced at home by parents directly. Keywords: Innovation, Learning Media, Hand Puppet   Correspondence author: Martha Tisna, marthatisna91@gmail.com, Jakarta, Indonesia

Page 1 of 13 | Total Record : 126