Dinamika Informatika
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Dinamika Informatika

MASTERPLAN CALL CENTER 112 BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI DKI




Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Data prabencana yang sudah tersedia di pusat kendali  saat ini dapat menjadi acuan dalam memonitor dan mengkoordinasikan seluruh sumber daya terkait.  Dengan adanya pusat kendali  maka apa yang terjadi di lapangan dapat dipantau dan dipandu dari pusat sehingga kegiatan penanggulangan tidak salah sasaran. Pengambilan suatu keputusan juga dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, karena didukung oleh data yang bisa dikirimkan secara online dan akurat. Call Center merupakan system komunikasi yang fleksibel karena mampu mengolah data analog dan meneruskannya dalam bentuk digital. Data digital merupakan format data yang bisa diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi respon cepat penanggulangan bencana. BPBD DKI Jakarta memandang perlu mengembangkan Call Center menjadi sebuah system yang lebih berdaya guna. Untuk itu diperlukan pedoman dalam pengembangan Call Center tersebut dalam sebuah master plan (rencana induk)  Call Center BPBD DKI Jakarta. Dengan  adanya rencana induk ini, tahapan pengembangan Call Center dapat dilakukan dengan lebih tepat sasaran dan sistematis

Copyrights © 2016