INTEKNA
Vol 14 No 2 (2014)

PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAIHATSU LUXIO DI MALANG (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang)

Syamsudin Noor (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2017

Abstract

MPV (Multy Purpose Vehicle) Car dibagi ke dalam 3 segmen yaitu MPV low, mid, dan high.Pembagian segmen ini berdasarkan harga dari masing-masing mobil. Dari 3 segmen iniakan dikeluarkan 3 jenis mobil dan dimasukkan ke dalam segmen tersendiri yangdinamakan segmen Wagon Low. Pada penelitian ini yang akan menjadi fokus utamaadalah Daihatsu Luxio dan kompetitor utamanya adalah Suzuki APV. Strategi pemasaranyang dilakukan oleh PT. Astra yang meliputi travel, kendaraan hotel, pameran, dantelemarketing dalam memasarkan produk Daihatsu Luxio dinilai cukup baik namun marketshare dari Daihatsu Luxio masih kalah dibandingkan dengan Suzuki APV. Oleh karena ituditambah dengan peluang pasar yang besar maka diperlukan suatu strategi pemasaranDaihatsu Luxio yang dapat meningkatkan pangsa pasar Daihatsu Luxio denganmemaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio sertameminimalkan kelemahan dan ancaman yang dimiliki. Dengan kriteria tersebut makaanalisis SWOT adalah metode yang tepat.Analisis SWOT merupakan metode penelitian yang mengidentifikasi berbagai faktor secarasistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Data penelitian diperoleh dari dataprimer dan data sekunder dari pihak pemasaran PT. Astra International Daihatsu Tbk. –Daihatsu Malang dan data internal perusahaan sedangkan pengolahan data menggunakanmetode analisa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan 30 butirpertanyaan yang dianggap mewakili variabel strength (kekuatan), weakness (kelemahan),opportunity (peluang) dan threats (ancaman). Untuk memperoleh gambaran posisi produkdi pasaran dapat kita lihat di matrik internal eksternal.Sedangkan strategi pemasaran untukDaihatsu Luxio dapat dilihat pada matrik SWOT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk berada pada koordinat 3,582 dan3,551. Koordinat tersebut terletak pada kuadran I yang mendukung strategi pertumbuhandengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Dari matrik SWOT dapat kita lihat strategistrategiyang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemasaran dan volume penjualanDaihatsu Luxio yaitu meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak bank dan leasing,menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta sumber daya perusahaan.Diharapkan dengan strategi yang diterapkan tersebut pangsa pasar Daihatsu Luxiomeningkat dan volume penjualan dapat meningkat. Disarankan pada PT Astra InternationalTbk. – Daihatsu Malang sebaiknya meninjau kembali faktor-faktor yang menjadi kelemahandari Daihatsu Luxio, maka kedepannya diharapkakelemahan-kelemahan tersebut dapatberkurang sehingga kepuasan pelanggan dapat meningkat dan tentunya volume penjualandapat meningkat. Untuk mempertahankan posisi Daihatsu Luxio, PT Astra InternationalTbk. – Daihatsu Malang hendaknya terus meningkatkan kualitas di segala bidang yangmemperngaruhi Daihatsu Luxio dari segi internal maupun eksternal.

Copyrights © 2014