INTEKNA
Vol 18 No 1 (2018): Vol 18 No 1 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 1, Mei 2018: 1-66

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Kuliner Melalui Inovasi Produk Dan Inovasi Proses

Hartelina Hartelina (Dosen Program Studi Manajemen- Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Bisnis kuliner mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tingkat persainganpun terjadi semakin ketat. Para pelaku bisnis kuliner berusaha untuk melakukan inovasi baik inovasi produk maupun inovasi proses untuk memastikan bisnisnya mampu bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh inovasi produk dan inovasi proses terhadap loyalitas pelanggan café dan restoran di Kota Bandung. Desain/Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan verifikatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan respondennya adalah pelanggan café dan restoran. Data dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Temuan penelitian mampu membuktikan bahwa secara empiris, inovasi produk dan inovasi proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Begitu juga secara simultan, keduanya merupakan determinan yang signifikan. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, sudah sewajarnya perusahaan café dan restoran menaruh perhatian besar pada upaya-upaya inovasi produk dan inovasi proses, guna meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu perlu juga dikaji variable lain yang turut menentukan peningkatan loyalitas pelanggan

Copyrights © 2018