Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 10, No 2 (2022)

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penggunaan Platform Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19

Elpana Elpana (Universitas Lampung)
Riswandi Riswandi (Universitas Lampung)
Helmy Fitriawan (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Pendidikan memberikan berbagai perubahan positif bagi manusia. Perubahan tersebut dapat diperoleh apabia dalam pelaksanaan pedidikan dilakukan secara tetap. Salah satu problem terletak pada persoalan pemerataan pendidikan, ditambah kondisi saat ini pada pasca covid-19. Tujuan penelitian ini memberikan pemahaman terkait pemafaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran online dimasa pandemi untuk meningkatkan mutu proses blendead learning pasca covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatif dengan jenis observasi alami (natural observation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 71 peserta didik dengan teknik sampling adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan teknologi sangat menunjang proses pembelajaran pasca pandemi covid-19.

Copyrights © 2022