Pelayanan adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah penjualan terhadap suatu produk, karena dapat mempengaruhi tingkat penjualan itu sendiri. Saat ini pelayanan dilakukan secara offline saja, dan itu tidak efektif jika terjadi antrian sehingga dapat memberikan kesan kurang baik terhadap pelanggan. Untuk itu perlu adanya pengoptimalan dari segi pelayanan terhadap pelanggan, agar membuat pelanggan menjadi puas terhadap pelayanan yang diberikan. Dengan adanya aplikasi pelayanan penjualan berbasis web diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan agar kebutuhan pelanggan terpenuhi serta terlayani dengan optimal sehingga memberikan kesan yang baik terhadap pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi penulis menggunakan metodologi yang dinamakan Rational Unified Procces yang tahapannya yaitu inception, elaboration, dan contraction kemudian menggunakan pemodelan Unified Modelling Languange. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan aplikasi pelayanan data penjualan ditoko optik berbasis web mampu mengoptimalkan pelayanan penjualan guna memberikan kesan yang baik kepada pelanggan, serta untu menaikan penjualan lewat pelayanan yang baik.
Copyrights © 2022