Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022

Kepemimpinan Visioner Dan Guru Inovatif : Dua Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Tata Kelola Sekolah Dasar

Edi Harapan (Unknown)
Ilhamsyah Ilhamsyah (Unknown)
Agus Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Puncak pelaksanaan tata kelola di sekolah tidak lain adalah untuk mencapai akreditasi. Pelaksanaan akreditasi di setiap lembaga pendidikan secara komprehensif dan bersinambungan akan menghasilkan mutu. Semakin tinggi level akreditasi yang dicapai, merupakan informasi mutu dicapai sebuah lembaga pendidikan kepada masyarakat (stakeholders). Capaian akreditasi dari semua SD yang ada di Kota Prabumulih baru mencapai sekitar 25%. Rendahnya capaian akreditasi tersebut disebabkan oleh rendahnya mutu tata kelola, dan rendahnya mutu tata kelola disebabkan oleh kepemimpinan kepala sekolah tidak visioner dan guru yang tidak inovatif. Di masa mewabahnya Covid-19 ini semua lembaga pendidikan mendambakan kepala sekolah visioner dan guru inovatif. Penelitian ini bertujuan mengukur seberapa besar kepemimpinan visioner dan guru inovatif dapat mempengaruhi mutu tata kelola SD di Kota Prabumulih. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah semua guru SD yang berjumlah 1.260 orang. Dari jumlah tersebut diambil 20% yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan visioner dan guru inovatif sangat mempengaruhi mutu tata kelola SD di Kota Prabumulih. Besar pengaruh yang disumbangkan oleh kedua variable ini sebesar 0.334 termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Guru Inovatif, Mutu Tata Kelola ABSTRACT The pinnacle of implementing governance in schools is none other than achieving accreditation. The implementation of accreditation in every educational institution in a comprehensive and continuous manner will result in quality. The higher the level of accreditation achieved, the information on the quality achieved by an educational institution to the public (stakeholders). The achievement of accreditation of all elementary schools in Prabumulih City has only reached around 25%. The low achievement of accreditation is caused by the low quality of governance, and the low quality of governance is caused by the leadership of school principals who are not visionary and teachers who are not innovative. In this time of the Covid-19 outbreak, all educational institutions crave visionary principals and innovative teachers. This study aims to measure how much visionary leadership and innovative teachers can influence the quality of elementary school governance in Prabumulih City. The research uses quantitative methods with a survey approach. The research population was all elementary school teachers totaling 1,260 people. From this amount, 20% was taken as the research sample. The results of the study prove that visionary leadership and innovative teachers greatly affect the quality of elementary school governance in Prabumulih City. The magnitude of the influence contributed by these two variables is 0.334 which is included in the high category. Keywords: Visionary Leadership, Innovative Teachers, Quality Governance

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...