BANGUN REKAPRIMA
Vol 8, No 1 (2022): April 2022

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET DALAM MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI

Muslimah Muslimah (Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Marya Ulfa (Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat keefektifan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet  dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa . Pendekatan penelitiannya kuantitatif dan jenisnya korelasional. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (korelasi parsial dan regresi ganda) menggunakan program IBM SPSS Statistic 25 . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert. Hasil peneltian menunjukan bahwa tes kemampuan akhir yang diperoleh responden sangat bervariatif sesuai dengan kriteria ketuntasan. Uji validitas menunjukkan bahwa semua item indikator adalah valid. Hasil uji reliabilitas terhadap keseluruhan variabel adalah reliabel. Dalam Uji normalitas menunjukkan bahwa semua data adalah normal. Pada Uji linieritas terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel motivasi (X) dengan variabel Media Pembelajaran (Y). Berdasarkan hasil uji multikolinieritas antar variabel tersebut tidak terjadi multikolinieritas.   Kesimpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa di masa pandemi 89,3%  sangat efektif digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bangun_rekaprima

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Other

Description

Bangun Rekaprima: Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora as an information container that contains articles about the field of science consisting of results of research, literature review, review of books, journal reviews, popular scientific knowledge, results of translations, and other ...