QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AWARENESS, REGULATION AND EVALUATION BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Syahmani Syahmani ([Scopus ID: 57199415676] Universitas Lambung Mangkurat)
Rusmansyah Rusmansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Dewi Kartika (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ARE (awareness, regulation and evaluation) berbasis masalah kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Setelah divalidasi oleh 5 validator, dilakukanlah ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba lapangan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 35 peserta didik dan XI IPA 4 sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi para ahli, angket respon, dan tes hasil belajar kognisi dan keterampilan metakognisi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran di kelas dan respon peserta didik yang memiliki kategori positif. Keefektifan dilihat dari hasil belajar kognisi dan keterampilan metakognisi pada kedua kelas dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...