Kebermaknaan pembelajaran menjadi faktor utama dalam memperbaiki kemampuan literasi sains peserta didik, tetapi kenyataannya guru sulit menghubungkan pengetahuan di kehidupan sehari-hari dengan teori yang dipelajari di kelas. Modul Elektronik South Kalimantan Foody (E- Modul South Kalimantan Foody) berbasis Flip HTML 5 merupakan inovasi dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas E-Modul South Kalimantan Foody dalam melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian berlandaskan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Development), dan metode eksperimen One Group Pretest Posttest. Pertemuan dilaksanakan 4 kali pertemuan di kelas XI MIPA 1 berjumlah 35 orang peserta didik. Pertemuan meliputi, 1 kali Pretest, 2 kali kegiatan pembelajaran yang berlandaskan Pendekatan Etnosains, dan 1 kali Posttest. Hasil penelitian memperoleh nilai N-Gain dari pengerjaan 20 soal tipe pilihan ganda dan 5 uraian bernilai 0,71 dengan kategori tinggi, dan persentase angket daya tarik sebesar 86,9% dengan kategori sangat tertarik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan E-Modul South Kalimantan Foody efektif digunakan dalam melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Copyrights © 2022