Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 6 No 1 (2018)

ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK DAN BUKU TEKS AKUNTANSI KEUANGAN MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

HENY HERAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posteet control group design. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan modul akuntansi dan buku teks akuntansi. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. sedangkan, sampel penelitian ini adalah kelas XI Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan ialah Independent Sample t Test. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 20,266 sedangkan nilai rata-rata, sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 15,125 yang artinya kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, diketahui bahwa thitung > ttabel (3.808 > 2.036), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan modul akuntansi dan pembelajaran dengan menggunakan buku teks akuntansi. Kata Kunci : Modul Akuntansi Persediaan, Buku Teks Akuntansi Keuangan, Materi Metode Penilaian Persediaan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...