PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

MENINGKATKAN KREATIVITAS DESAIN FLYER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Juwairia Juwairia (Sriwijaya University)
Dewi Koryati (Universitas Sriwijaya)
Dian Eka Amrina (Universitas Sriwijaya)
Usmi Sintara (SMK Negeri 1 Pemulutan)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Based Learning ((PjBL) learning model to increase students' creativity in making digital flyer designs using the Canva application. This research method uses Classroom Action Research (CAR). The population of this study was all students of class XI BDP at SMK Negeri 1 Pemulutan. The sample in this study was selected by purposive sampling. Data collection techniques used Focus Group Discussion (FGD), interview methods, and observations. The data analysis technique used was descriptive qualitative data analysis. researcher An shows that the Project based Learning learning model has an influence in increasing students' creativity in designing digital flyers using the Canva application. Making this digital flyer is one of the concrete evidences that students can create promotional media creatively according to the demands of the business world/industrial world, train students' creativity, and improve students' skills in designing flyers into a business opportunity.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas berbasis proyek dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam membuat desain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI BDP di SMK Negeri 1 Pemulutan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD), metode wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kreativitas peserta didik mendesain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Pembuatan flyer digital ini merupakan salah satu buktinya peserta didik dapat membuat media promosi dengan kreatif sesuai tuntutan dari dunia usaha/dunia industri, melatih kreativitas peserta didik, dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mendesain flyer menjadi sebuah peluang usaha

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...