Tumbuh Kembang
Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI

KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KEMAMPUAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Erin Ariditya angga Saputri (Unknown)
Fitri Oviyanti (UIN Raden Fatah Palembang)
Yecha Febrieanitha Putri (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh guru saat menjalankan kewajibannya dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak murid. Kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini merupakan kemampuan guru dalam mengumpulkan informasi mengenai perkembangan anak usia dini dan hasil dari asesmen tersebut dapat dijadikan bahan untuk beberapa kepentingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini di RA Perwanida 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di RA Perwanida 2 Palembang yang berjumlah 14 orang Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis korelasi product moment. Hasik penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat adanya hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini. Nilai rhitung yang diperoleh yakni 0,765 berada pada rentang nilai koefisien korelasi 0,60 – 0,79 dengan tingkat hubungan yang kuat. Nilai rhitung (0,765) juga berada pada status berkorelasi positif yang artinya bahwa variabel X dan variabel Y itu berjalan pararel atau hubungan kedua variabel tersebut searah, jika kompetensi pedagogik meningkat maka kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini juga ikut meningkat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...