Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia
Vol. 6 No. 1 (2022)

Application of the Argument-Driven Inquiry Learning Model in Stimulating Students' Scientific Argumentation Skills on Acid-Base Material

Siti Salsabila Utami (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ratna Sari Siti Aisyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isriyanti Affifah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan abad 21 yang perlu dimiliki untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar dan menyelesaikannya dengan konsep serta pengetahuan yang telah dimiliki.  Namun masih banyak siswa yang kurang memiliki literasi sains. Rendahnya literasi sains peserta didik mengakibatkan sulitnya peserta didik dalam mengintegritaskan pengetahuan yang didapat dengan empat aspek litersi sains. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry pada materi asam basa. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan One-Group Pretest-Postest. Sampel yang digunakan yaitu 30 orang peserta didik kelas XI IPA. Pemilihan sampel menggunakan cara Purposive Sampling. Instrument penelitian yaitu instrument tes pilihan ganda beralasan, lembar observasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan uji paired sample t-test. Hasil perhitungan uji paired sample t-test sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Peserta didik lebih aktif saat pembelajaran dan memberikan argumentasi ilmiah sesuai dengan komponen argumentasi ilmiah yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia is a scientific journal published by the Department of Chemistry Education of Ganesha University of Education. This journal aims to accommodate the articles of research results and results of community service in the field of education and learning. In the end this ...