Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian
Vol 1 No 2 (2017)

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN OBAT PADA PASIEN BPJS DI DEPO FARMASI BLUD RSUD BALANGAN PERIODE MEI-JUNI TAHUN 2016

Noverda Ayuchecaria (Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

ABSTRAK Persepsi pasien tentang pelayanan memegang peranan yang sangat penting. Saat ini tingkat persaingan yang semakin ketat di kalangan usaha rumah sakit mempersyaratkan adanya daya saing bagi rumah sakit agar dapat memenangkan persaingan yang ada. Salah satu bentuk daya saing yang harus diciptakan oleh usaha rumah sakit adalah kualitas layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan obat di Depo Farmasi BLUD RSUD Balangan meliputi harapan, kenyataan, dan kualitas pelayanan obat. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 309 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa harapan pasien BPJS terhadap pelayanan obat di Depo Farmasi BLUD RSUD Balangan adalah termasuk dalam kriteria penting (4,213), Persepsi pasien BPJS terhadap pelayanan obat di Depo Farmasi BLUD RSUD Balangan termasuk dalam kriteria puas (4,118), Kualitas pelayanan obat pasien BPJS di Depo Farmasi BLUD RSUD Balangan termasuk dalam kriteria sedang (GAP=0,119).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harapan pasien termasuk dalam kriteria penting, kenyataan pasien termasuk dalam kriteria puas, dan kualitas pelayanan obat termasuk dalam kriteria sedang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

iojs

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

The Medical Sains journal is a scientific publication media published by the Muhammadiyah Cirebon College of Pharmacy which is published 4 (four) times in 1 (one) year, namely January-March, April-June, July-September and October-December. The journal contains research in the field of pharmacy ...