Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian
Vol 3 No 1 (2018)

Uji Toksisitas Akut Ekstrak Metanol Kulit Buah Jeruk Sambal (Citrus microcarpa Bunge) Terhadap Larva Artemia salina L. Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Ratna Widyasari (Akademi Farmasi Yarsi Pontianak)
Dina Yuspitasari (Akademi Farmasi Yarsi Pontianak)
Wilda Wildaniah (Akademi Farmasi Yarsi Pontianak)
Rosi Cahayuni Wahida (Akademi Farmasi Yarsi Pontianak)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Tanaman jeruk sambal (Citrus microcarpa Bunge) merupakan salah satu tanaman yang banyak terdapat di Kalimantan Barat. Kulit buah jeruk sambal mempunyai aktivitas antioksidan kuat dan aktivitas antimikroba, hal ini berkaitan erat dengan kandungan senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, alkaloid dan polifenol, dimana senyawa ini berpotensi sitotoksik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ekstrak metanol kulit jeruk sambal bersifat sitotoksik dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) dan mengetahui nilai LC50 yang dihasilkan. Penelitian eksperimental ini menggunakan ekstrak metanol kulit jeruk sambal dengan pembagian konsentrasi 1000 µg/ml, 750 µg/ml, 500 µg/ml, 250 µg/ml, 100 µg/ml, dan 0 µg/ml dimana pada masing-masing konsentrasi diletakkan 10 ekor larva Artemia salina L. Data kematian larva dikumpulkan dan dianalisis dengan metode analisis probit. Berdasarkan hasil dari analisis regresi linier menunjukkan nilai LC50 dari ekstrak metanol kulit jeruk sambal adalah 234,42 µg/ml.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak metanol kulit jeruk sambal bersifat sitotoksik yang ditunjukkan dengan harga LC50 < 1000 µg/ml.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

iojs

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

The Medical Sains journal is a scientific publication media published by the Muhammadiyah Cirebon College of Pharmacy which is published 4 (four) times in 1 (one) year, namely January-March, April-June, July-September and October-December. The journal contains research in the field of pharmacy ...