Latar Belakang: Hasil pengkajian mengidentifikasi adanya kendala dalam pelaksanaan metode asuhan keperawatan professional tim yang berdampak pada penurunan kepuasan pasien terhadap asuhan keperawatan saat masa hospitalisasi. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah yang ditemukan dan menemukan inovasi sebagai landasan perubahan dalam area rumah sakit. Metode: Penulis menggunakan metode studi kasus. Hasil: Faktor pre dan post conference yang belum optimal, ketidaktepatan waktu pelaksanaan handover, dan belum dilaksanakannya sosialisasi ronde keperawatan mempengaruhi ketidakoptimalan implementasi metode asuhan keperawatan professional tim. Kesimpulan: sosialisasi ronde manajemen keperawatan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman perawat untuk meningkatkan optimalisasi pelaksanaan meode asuhan keperawatan tim. Ronde keperawatan dapat membantu perawat dalam menemukan solusi pemecahan masalah yang kompleks terkait asuhan keperawatan. Manajer perlu melaksanakan peran dan fungsi manajerial secara tepat agar proses implementasi asuhan keperawatan tim bisa dilaksanakan secara optimal
Copyrights © 2021