Rudence: Rural Development for Economic Resilience
Vol. 1 No. 2 (2022): Vol. 1 No. 2 (2022)

PENINGKATAN POTENSI USAHA MIKRO KECIL BIDANG KULINER MELALUI STRATEGI PEMASARAN, KEUANGAN, DAN PERIZINAN

Mutiara Puspa Widyowati (Universitas Pakuan)
Haqi Fadillah (Universitas Pakuan)
Herdiyana Herdiyana (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan potensi para pelaku usaha mikro kecil atau usaha rumahan dalam hal pembuatan strategi pemasaran, perhitungan harga pokok produksi, dan pengajuan perizinan usaha makanan. Sasaran kegiatan ini adalah para pelaku usaha binaan Dapur Lokal Indonesia Untuk Sesama (DLIUS) yang rata-rata adalah ibu-ibu rumah tangga yang baru memulai bisnis dalam bidang kuliner. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui kegiatan transfer ilmu pembuatan strategi pemasaran yang tepat, perhitungan harga pokok penjualan, dan prosedur pengajuan perizinan produk makanan. Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan para mitra DLIUS sehingga mampu menentukan target pasar sampai membuat media pemasaran, mampu menghitung harga pokok penjualan dengan tepat, dan mampu mengurus legalitas produk makanannya. Selain itu, untuk membantu para pelaku usaha mikro lainnya yang lebih luas luaran kegiatan ini berupa buku panduan pemasaran, keuangan, dan perizinan untuk usaha kecil, serta buku berupa panduan dan templat perhitungan harga pokok penjualan.   ABSTRACT The purpose of this activity is to increase the potential of micro and small business actors or home businesses in terms of making marketing strategies, calculating the cost of production, and applying for food business licenses. This potential increase is carried out through knowledge transfer activities in making the right marketing strategy, calculating the cost of goods sold, and applying for food product licensing procedures. The output of this activity is an increase in the knowledge of DLIUS partners so that they are able to determine the target market to create marketing media, be able to calculate the cost of goods sold correctly, and be able to take care of the legality of their food products. In addition, to assist other micro-enterprises, the output of this activity is in the form of marketing, finance, and licensing guidebooks for small businesses, as well as books in the form of guides and templates for calculating the cost of goods sold.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rudence

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Activities related to the development of micro, small and medium enterprises, rural-owned enterprises (BUMDESA), and local community businesses Activities related to sociopreneur development Activities related to the community empowerment and development Design appropriate technology Community ...