Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih (GPJER)
Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA JASA PENCUCIAN MOBIL MUTIARA INDAH DI SIMPANG EMPAT TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Elisa Khairani (Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih)
Sur Yadi (Mahasiswa Manajemen UGP)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan pelanggan pada usaha jasa pencucian mobil Mutiara Indah di Simpang Empat Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi adalah pelanggan doorsmer dengan sampel sebanyak 71 orang.Hasi Penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi linier berganda dari hubungan antar variabel penelitian adalah Y= 1,068 + 0.249X1 + 0.098X2 + (-0.017X3) + 0.357X4 + 0.258X5, dimana daya tanggap tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan pada pada Usaha jasa Pencucian mobil Mutiara Indah dengan nilai koefisien sebesar -0,017. Sedangkan nilai koefisien jaminan sebesar 0,357, nilai koefisien empati sebesar 0,258,dan wujud fisik sebesar 0,249, menunjukan bahwa jaminan, empati dan wujud fisik memiliki pengaruhterhadap kepuasan pelanggan pada usaha jasa Pencucian mobil Mutiara Indah.Selanjutnya, koefisien determinasi R2sebesar 0,619 menunjukkan besarnya pengaruh kemampuan variabel independen terhadap Variabel dependen,sedangkan sisanya sebesar 0,381 dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gpjer

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih (GPJER) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei, dan Oktober) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Gajah Putih, Takengon , Aceh, Indonesia. Naskah artikel dapat berasal dari peneliti, akademisi, praktisi, ...