cover
Contact Name
Mahmuda Saputra
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281229472841
Journal Mail Official
mahmuda@ugp.ac.id
Editorial Address
Jln. Simpang Kelaping-Lukup Badak-Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, 24560
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih (GPJER)
ISSN : 28098382     EISSN : 28098285     DOI : https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih (GPJER) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei, dan Oktober) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Gajah Putih, Takengon , Aceh, Indonesia. Naskah artikel dapat berasal dari peneliti, akademisi, praktisi, dan pemerhati ekonomi lainnya yang berminat melakukan penelitian di bidang ekonomi, namun tidak terbatas pada bidang fungsional manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategi, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia , e-bisnis, manajemen, akuntansi manajemen, sistem manajemen,
Articles 43 Documents
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI TELKOM DIVISI AREA ACEH TENGAH Basyirah Basyirah; Istamin Istamin
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.588 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.61

Abstract

Kemajuan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawan yang bekerja di dalamnya. Bagus tidaknya kinerja mereka Tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan karir dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Telkom Divisi Area Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 60 karyawanPT. Telkom Divisi Area Aceh Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh penjelasan bahwa semua variabel yang diteliti yaitu pengembangan karir (x1) dan kepemimpinan (x2) mempunyai korelasi yang kuat terhadap kinerja karyawan pada Telkom Divisi Area Aceh Tengah; (2) Berdasarkan hasil uji-F (simultan) menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Telkom Divisi Area Aceh Tengah dengan nilai Fhitung> Ftabel, pada tingkat signifikansi α = 5%; (3) Berdasarkan hasil uji-t (secara parsial) variabel yang sangat signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Telkom Divisi Area Aceh Tengah adalah variabel pengembangan karir dengan diperoleh nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan variabel kepemimpinanmempunyai nilai thitungyang lebih kecil
Peran Sop (Standar Operasional Prosedur) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Organisasi Pdam Tirta Bengi Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah Basyirah Basyirah; Lia Sahara
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 2 (2021): Oktober: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.61 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i2.62

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran SOP Terhadap Kinerja Karyawan Pada Organisasi PDAM Tirta Bengi Kabupaten Bener Meriah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran SOP Terhadap Kinerja Karyawan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui Peran SOP Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirta bengi Kabupaten Bener Meriah. Mamfaat penelitian untuk mengetahui sejauh mana Peran SOP dalam internal Perusahaan PDAM Bener Meriah. Lokasi penelitian pada Kantor PDAM Tirta Bengi Bener Meriah yang beralamatkan jalan Bandara rembele Simpang tiga dan penelitian ini menggunakan alat penelitian regresi Linear Sederhana dan yang menjadi respondennya pimpinan Perusahaan dan seluh Karyawan yang ada berjumlah 35 orang dari hasil penelitian yang menggunakan Regresi Linear Sederhana maka didapatlah nilai a = 5.50614906% dan b = 0.65500616% dan setiap perubahan pada variabel SOP sebesar 1 skor yang menyebabkan perubahan pada variabel Kinerja Karyawan sebesar 6.161115522% untuk setiap perubahan. ini menunjukkan hubungan yang positif antara dua variabel yang berbeda yaitu Standar Operasional Prosedur dan Kinerja karyawan pada Perusahaan PDAM Tirta Bengi Bener Meriah
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA JASA PENCUCIAN MOBIL MUTIARA INDAH DI SIMPANG EMPAT TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH Elisa Khairani; Sur Yadi
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.362 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.63

Abstract

Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan pelanggan pada usaha jasa pencucian mobil Mutiara Indah di Simpang Empat Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi adalah pelanggan doorsmer dengan sampel sebanyak 71 orang.Hasi Penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi linier berganda dari hubungan antar variabel penelitian adalah Y= 1,068 + 0.249X1 + 0.098X2 + (-0.017X3) + 0.357X4 + 0.258X5, dimana daya tanggap tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan pada pada Usaha jasa Pencucian mobil Mutiara Indah dengan nilai koefisien sebesar -0,017. Sedangkan nilai koefisien jaminan sebesar 0,357, nilai koefisien empati sebesar 0,258,dan wujud fisik sebesar 0,249, menunjukan bahwa jaminan, empati dan wujud fisik memiliki pengaruhterhadap kepuasan pelanggan pada usaha jasa Pencucian mobil Mutiara Indah.Selanjutnya, koefisien determinasi R2sebesar 0,619 menunjukkan besarnya pengaruh kemampuan variabel independen terhadap Variabel dependen,sedangkan sisanya sebesar 0,381 dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH Firmansyah Firmansyah; Akmal Khair
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.965 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.64

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh di Kota Banda Aceh.Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah para seluruh pegawai pada PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh. Penelitian ini akan menyajikan tentang bagaimana pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi, terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh, dengan jumlah responden sebanyak 74 orang pegawai PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh.Hasil penelitian bahwa variabel motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi, secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh. Sedangkan hasil penelitian secara parsial juga menunjukkan bahwa secara parsial motivasi kerja kepemimpinan dan budaya organisasi, berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Untuk meningkatkan kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Takengon Kabupaten Aceh Tengah, maka faktor motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi perlu dipertahankan, karena terbukti motivasi kerja dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Takengon Kabupaten Aceh Tengah
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. BANK PERKEREDITAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) RENGGALI DI KABUPATEN ACEH Zainudin Zainudin; Nana Ristiana
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.341 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kesehatan keuangan bank dan untuk mengetahui perkembangan tingkat kesehatan keuangan bank pada PT. BPRS Renggali dari tahun 2012-2014. Objek penelitian adalah menganalisa Laporan Keuangan Laba-Rugi, dan Neraca. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis rasio yang digunakan untuk menilai tingkat kesehatan keuangan bank berdasarkan rasio liquiditas, solvabilitas, aktivitas dan rasio profitabilitas
ANALISA PENDAPATAN PETANI KOPI DI KAMPUNG KALA KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH Ratnawati Ratnawati; Tawaruddin Tawaruddin
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.862 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.66

Abstract

Identifikasi masalah dalam penelitian adalah Berapakah Pendapatan Petani Kopi di Kampung Kala Ketol Kabupaten Aceh Tengah Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Berapakah Pendapatan Petani Kopi di Kampung Kala Ketol Kabupaten Aceh Tengah, dengan kegunaan penelitian adalah mengembangkan kemampuan berpikir mengkaji teori-teori Ilmu Ekonomi, serta sebagai refrensi bagi peneliti selanjutnya. Lokasi Penelitian adalah Kampung Kala Ketol Kecamatan Ketol dan Objek Penelitian adalah pendapatan petani kopi, sedangkan Populasi sample adalah sebanyak 30 orang petani teknik analisa data adalah dengan menggunakan formula Analisa Pendapatan. Setelah data dibahas maka hasil penelitian menunjukan bahwa 30 Responden dengan latar belakang dan karakteristik yang berbeda sehingga pendapatan juga berbeda, Jumlah Rata-rata biaya Tetap adalah sebesar Rp 1.965.833 dan biaya Variabel adalah sebesar Rp 11.267.667 sehingga total Biaya adalah sebesar Rp 13.233.500 Jumlah Rata-rata Produksi adalah sebanyakr 452/Kaleng, dan rata-rata harga adalah sebesar Rp 97.333.3/Kaleng. Rata-rata pendapatan kotor adalah sebesar Rp. 44.075.000 dan rata-rata biaya adalah sebesar Rp 13.233.500 sehingga diperoleh keuntungan sebesar Rp 30.841.500/tahun
ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PADA PERUSHAAN KOPI TUNAH KOLAK JAYA DI KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH Amiruddin Amiruddin; Zahra Zahra
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.741 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.68

Abstract

Dunia usaha pada saat ini termasuk perusahaan kopi tunah kolak jaya dihadapkan pada situasi persaingan yang semakin ketat yang menuntut perusahaaan untuk menjalankan usahanya dengan lebih efektif dan efesien dalam mencapai tujuan perusahaan, untuk dapat mencapai tujuan, perusahaan harus memiliki karyawan berkinerja baik. Kinerja pegawai pada dasarnya adalah hasil karya yang harus di capai oleh pegawai selama periode tersebut misalnya standar target susunan atau kriteria yang telah di tentukan terlebih dahulu telah disepakati bersama, Kinerja pegawaidiukur berdasarkan standar dan kriteria yang telah ditetapkan organisasi.Oleh karena itu penulis dalam penelitian ini mengambil judulAnalisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Kopi Tunah Kolak Jaya Di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan kopi Tunah Kolak Jaya Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan kopi Tunah Kolak Jaya Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah Adapun ruang lingkup dalam penelitian ini yaitu kinerja karyawan pada perusahaan Kopi Tunah Kolak Jaya Bebesen Kabupaten Aceh Tengah yang berlokasi di Jln Belanggele Empus Talu Bebesen dan responden dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan perusahaan kopi Tunah Kolak Jaya Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah dan 20 0rang yang dijadikan sampel. Hasilpenelitianmenunjukanbahwafaktor- faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan meliputi faktor SDM, faktor lingkungan kerja,faktor disiplin dan faktor motivasi, dari keempat faktor tersebut yang paling dominan terhadap kinerja karyawan adalah faktor lingkungan kerja, adapun responden yang menjawab sangat baik berjumlah 13 orang atau 65%. Respondenyang menjawab sangatbaik terhadap faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan diantarannya 14 orang menjawab sangat baik, sedangkan untuk faktor lingkungan kerja 13 responden menjawab sangat baik dan untuk faktor disiplin 12 orang yang menjawab baik sedangkan untuk faktor motivasi 7 orang yang menjawab baik
SISTEM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN ACEH TENGAH Mawarni Fatma; Kama ruddin
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 1 (2021): Mei: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.692 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i1.69

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Sistem pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu, dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan cara meneliti langsung, mengumpulkan data, mengolah data, dan menginterprestasikan serta menyimpulkan keadaan teori-teori yang ada. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwaPelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP) Kabupaten Aceh Tengah dalam memberikan pelayanan sudah sangat baik sesuai dengan mekanisme yang ada, hal ini bisa dilihat dari kerjasama yang dilakukan oleh aparatur pemerintah baik itu antara pemimpin dan bawahan maupun antara sesama pegawai. Kerjasama ini sangat diperlukan dalam mencapai tujuan sebuah organisasi, khususnya dalam hal pekerjaan dimana aparatur yang satu dengan yang lainnya saling bekerja sama dalam menyelesaikan suatu tugas tanpa tergantung kepada bidang lain
Analisis Pengaruh Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan HR Coffe SP. Empat Bebesen Bambang Surahman; Wiwen Winarti
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 2 (2021): Oktober: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.182 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i2.70

Abstract

Persaingan yang sangat ketat antara pengusaha kuliner tersebut menyebabkan semakin banyaknya pilihan bagi konsumen sehingga menyebabkan kecendrungan selera konsumen untuk berubah-ubah. Dengan alasan ini para pengusaha dituntut untuk memberikan sesuatu yang berbeda dalam mempertahankan dan memuaskan pelanggannya. Penelitian ini memilih HR Coffe Sp. Empat, Bebesen karena HR Coffe menawarkan sejumlah menu kopi yang bervariasi tidak hanya ada juga beberapa masakan dan makanan ringan yang mereka tawakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh cita rasa yang terdiri dari rangsangan mulut, rasa dan aroma atu bau terhadap kepuasan pelanggan. Cita rasa adalah suatu cara pemilihan makanan yang harus dibedakan dari rasa makanan tersebut. Cita rasa merupakan atribut makanan yang meliputi penampakan, bau, rasa, tekstur dan suhu. Kepuasan pelanggan adalah seseorang atau individu yang membeli, menggunakan dan menghabiskan barang atau jasa secara terus menerus. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah konsumen dari HR Coffe Sp. Empat, Bebesen yang melakukan transaksi denga sampel sebanyak 72 responden. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel rangansangan mulut (X1), rasa (X2) dan aroma atau bau (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pealnggan baik secara simultan maupun parsial dengan variabel Rasa (X2) sebagai variabel dominan. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh antara variabel cita rasa terhadap kepuasan pelanggan pada HR Coffe Sp. Empat, Bebesen. Dari seluruh variabel cita rasa, variabel rasa adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan pada HR Coffe Sp. Empat, Bebesen. Hal ini dapat dilihat dari niali t hitung sebesar 4,135 dan koefesien refresi sebesar 0,370
Analisa Pendapatan Para Pedagang Kaki Lima Di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah Amiruddin Amiruddin; Supriyadi Supriyadi
Gajah Putih Journal of Economics Review Vol 3 No 2 (2021): Oktober: Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.548 KB) | DOI: 10.55542/gpjer.v3i2.71

Abstract

Para pedagang buah-buahan di daerah Takengon semakin banyak yang berkembang, sehingga persaingan menjadi lebih kompetitif, Adapun identifikasi Masalah adalah berapakah rata-rata tingkat pendapatan para pedagang kaki lima di Pasar Paya Ilang Takengon Kabupaten Aceh Tengah.Tujuan dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui , Berapakah rata-rata tingkat pendapatan para Pedagang Kaki Lima di Pasar Paya Ilang Takengon Kabupaten Aceh Tengah.Manfaat Penelitian sebagai bahan kasjian tentang analisa pendapatan pengambilan keputusan dimasa yang akan datang.Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi penelitian. Penelitian ini dilakukan pada Penjual buah-buahan yang berada pada pasar paya ilang dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah, analisa pendapatan pedagang buah Kabupaten Aceh Tengah.Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah para pedagang buah buahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dukumentasi. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif , untuk menganalisa data digunakan beberapa pendapatan. Hasil penelitian tentang analisis penerimaan Usaha pedagang buah-buahan adalahPenerimaan pedagang kaki lima perbulanya adalah Rp. 147.140.000,- dan total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 107.599.050,- sehingga jika dikurangi akan memperoleh penerimaan sebesar Rp. 39.594.500,- jadi jika dirata–ratakan pendapatan pedagang kaki lima sebesar Rp. 3.045.730,- perbulannya. Sedangkan jumlah total biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan selama sebulan adalah sebesar Rp. 8.001.990,- sehingga jika dikurangi pedagang akan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 31.592.510,- atau dengan rata–rata perbulannya sebesar Rp. 2.430.193,- Secara keseluruhan penerimaan total yang terendah diperoleh pedagang kaki lima adalah sebesar Rp. 2.003.750,- sedangkan yang tertinggi sebesar Rp. 2.953.900,- per bulanya