Beras merah memiliki keunggulan kesehatan dan daya tahan hama dibandingkan beras putih. Berdasarkan aspek ekonomi, padi beras merah mempunyai potensi ekonomi yang menguntungkan. Pemasaran yang bagus dan alternatif lain dalam memasarkan suatu produk perlu dilakukan untuk meningkatkan daya jual produk tersebut. Produk beras merah yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) saat ini masih melakukan pemasaran produknya secara manual dengan menjual produknya di beberapa tempat lokal namun belum berhasil menjangkau pasar dalam skala lebih luas seperti luar kota atau bahkan provinsi. Menetapkan segmentasi pasar, menentukan target pasar, mengetahui posisi pasar perlu dilakukan untuk dapat merencanakan stategi pemasaran yang baik. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 konsumen. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda SPSS versi 25 diperoleh hasil penelitian secara simultan segmentasi, targeting, dan positioning berpengaruh terhadap minat beli ulang. Sedangkan secara parsial segmentasi tidak berpengaruh terhadap variabel minat beli ulang. Strategi peningkatan penjualan Beras Merah KWT Kasih Ibu yang dirumuskan yaitu meningkatkan atribut produk (kemasan, diversifikasi produk, mutu); meningkatan promosi penjualan (media cetak, media social, pameran) dan memperluas jaringan mitra bisnis (peningkatan jumlah outlet).
Copyrights © 2022