Proses pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik masih terdapat beberapa masalah yang cukup signifikan sehingga menurunkan tingkat kepuasan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap pelayanan administrasi Fakultas Teknik UGP. Permasalahan antara lain pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang terlalu lama sehingga terjadi ada pergerakan aktivis mahasiswa UGP yang mendesak pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetÂahui dan mengukur kualitas pelayanan administrasi yang mempengaruhi kepuasan pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Hipotesis penelitian ini adalah diduga kualitas pelayanan adminsitrasi mempengaruhi kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, dengan alat analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan Y = 1,024 + 0,096X1 + 0,115X2 + 0,221X3 + 0,118X4 + 0,057X5. Jika variabel daya tanggap (X1), jaminan (X2), wujud langsung (X3), empati (X4) dan kehandalan (X5) sama dengan nol, maka nilai kepuasan mahasiswa sebesar 1,024. Setiap penambahan 1 poin variabel kualitas pelayanan tersebut akan diikuti dengan menaiknya kepuasan mahasiswa. Uji koefisien determinasi (R2), nilai adjusted R square adalah 0,935, hal ini menunjukan bahwa 93,5% kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan). Sisanya 6,5% disebabkan oleh pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam kajian. Secara parsial menggunakan uji t, dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi dengan thitung didapat nilai thitung daya tanggap sebesar 2,342 (X1) > 1,663, jaminan (X2) 2,659 > 1,663, wujud langsung (X3) 3,237 > 1,663, empati (X4) 3,776 > 1,663, dan kehandalan (X5) 2,127 > 1,663. Dengan demikian variabel kualitas pelayanan adminsitrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara parsial kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP. Secara simultan dengan menggunakan uji F, dari uji Anova dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 6,427 > Ftabel sebesar 2,320, terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti kualitas pelayanan administrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara simultan kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP.
Copyrights © 2022