cover
Contact Name
Firman
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281229472841
Journal Mail Official
mahmuda@ugp.ac.id
Editorial Address
Jln. Simpang Kelaping-Lukup Badak-Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, 24560
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM)
ISSN : 28099400     EISSN : 28099419     DOI : https://doi.org/10.55542/juiim.v4i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM) adalah jurnal terbitan berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih Program Studi Manajemen. Isi jurnal mencakup bidang keilmuan Manajemen meliputi: Manajemen, Manajemen Syariah, Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll), Pemasaran, Manajemen Transportasi, Manajemen Industri, Manajemen Informatika, Kesekretariatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.
Articles 41 Documents
Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah Tiswanti Ayunasrah; Ratnawati Ratnawati; Rahma Diana; Ansari Ansari
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.335 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.147

Abstract

Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini apakah kepuasan kerja memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dan berapa besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung akibat adanya variabel mediasi tersebut. Tujuannya untuk mendeteksi peran kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung akibat adanya variabel mediasi. Untuk pemecahan masalah tersebut digunakan jenis penelitian deskriptif menggunakan metide analisis data kwantitatif, dimana data-data dikumpulkan melalui kuisioner, di olah dan disajikan dalam bentuk tabel, selanjutnya dianalisis dengan regresi variabel mediasi menggunakan metode causal step. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepuasan kerja memediasi secara parsial dan memperlemah pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Kemudian pengaruh total akibat adanya variabel mediasi ini sebesar 11,5% yang terdiri dari pengaruh langsung 5,1% dan pengaruh tidak langsung 6,41%. Sehubungan dengan temuan penelitian ini disarankan perlu adanya upaya peningkatan kepuasan kerja untuk memperbesar pengaruh positif dan signifikansinya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin terhadap kinerja Karyawan pada PT Inhutani – IV Kabupaten Bener Meriah Zainal Ahmad; Zainudin Zainudin; Ansari Ansari
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.43 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.148

Abstract

Dalam skripsi ini dilihat dari naik turnnya kinerja yang dipengaruhi oleh 3 (tiga) varaibel Independen yaitu gaya kepmimpinan, Motivasi, dan Disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai pada PT Inhutani dengan masalah kebijakan dalam pengambil keputusan oleh pimpinan serta kurang adanya dorongan dalam memberikan semangat terhadap karyawan. Identifikasi masalah adalah Bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin terhadap kinerja karyawan dan tunjuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin terhadap kinerja karyawan. Lokasi penelitian ini pada PT Inhutani di Kabupaten Bener Meriah. Responden sebanyak 46 orang . metode pengumpulan data dengan Kuisioner, dan analisa data Analisa Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Y = 1,492 + 0,001X1 + 0,262X2 + 0,443X3 sehingga diperoleh Secara parsial bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Inhutani IV. dibuktikan dengan nilai thitung = 0,009 < t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,993 > 0,05. selanjutnya Secara parsial bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan nilai thitung = 2,119 > t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,040 < 0,05. Secara parsial bahwa disipllin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,241 > t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,000 < 0,05. Secara simultan menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan membandingkan antar Fhitung dengan Ftabel yaitu 29,455 > 3,21. Dengan P-value 0,000 < 0,005 , sedangkan R2 sebesar 0,678 yaitu kemampuan variabel gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin mempengaruhi kinerja karyawan sedangakn hubungan anatar varabel adalah sangat kuat.
Pengaruh Kinerja Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Pasien Di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah Sulastri Sulastri; Abd. Djalil; erna erna
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.982 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.149

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kuantitas pelayanan (X2), penggunaan waktu dalam kerja pelayanan (X3), kerja sama dengan orang lain dalam bekerja pelayanan (X4) memperngaruhi Kepuasan pasien (Y). Metode pengumpulan data, melalui metode kepustakaan menyangkut kebutuhan teori, refrensi, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, selanjutnya melakukan penelitian lapangan melalui observasi wawancara dan menyebabkan angket berupa quisioner dengan jumlah sampel 60 pegawai UPTD Pukesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Metode analisa data, menggunakan pendekatan regresi berganda dengan variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) kuantitas pelayanan, (X3) penggunaan waktu dalam kerja, (X4) kerja sama dengan orang lain dalam bekerja. Hasil analisa data, dengan persamaan regresi berganda Y = 1.307 + 0.012X1 + 0.351X2 + 0.606X3 + 0.159X4, secara umum semua variabel bebas berpengaruh dn signifian antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). uji parsial semua variabel bebas berpengaruh dan signifikan. Kesimpulan, bahwa variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifian terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi (r²) menunjukan angka 0.589 (59.9%) terhadap variasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, sisanya 0411. atau (41.1%) dipengaruhi oleh variabel faktor lain.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah Sulastri Sulastri; Bambang Surahman; Erna Erna
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.709 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.150

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kuantitas pelayanan (X2), penggunaan waktu dalam kerja pelayanan (X3), kerja sama dengan orang lain dalam bekerja pelayanan (X4) memperngaruhi Kepuasan pasien (Y). Metode pengumpulan data, melalui metode kepustakaan menyangkut kebutuhan teori, refrensi, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, selanjutnya melakukan penelitian lapangan melalui observasi wawancara dan menyebabkan angket berupa quisioner dengan jumlah sampel 60 pegawai UPTD Pukesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Metode analisa data, menggunakan pendekatan regresi berganda dengan variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) kuantitas pelayanan, (X3) penggunaan waktu dalam kerja, (X4) kerja sama dengan orang lain dalam bekerja. Hasil analisa data, dengan persamaan regresi berganda Y = 1.307 + 0.012X1 + 0.351X2 + 0.606X3 + 0.159X4, secara umum semua variabel bebas berpengaruh dn signifian antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). uji parsial semua variabel bebas berpengaruh dan signifikan. Kesimpulan, bahwa variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifian terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi (r²) menunjukan angka 0.589 (59.9%) terhadap variasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, sisanya 0411. atau (41.1%) dipengaruhi oleh variabel faktor lain.
Pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Kabupaten Aceh Tengah Tonaiko Sinature; Erna Erna; Elisa Khairani
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.007 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.151

Abstract

Perusahaan merupakan salah satu organisasi yang menghimpun orang- orang yang biasa disebut dengan karyawan atau pegawai untuk menjalankan kegiatan rumah tangga produksi perusahaan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yaitu memaksimalkan keuntungan dan nilai bagi perusahaan, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan. Oleh sebab itu karyawan merupakan salah satu modal sumber daya manusia yang sangat penting keberadaannya dalam setiap sendi operasional karena sumber daya manusia adalah salah satu aset utama yang berfungsi sebagai penggerak operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara keselamatan kerja dan produktivitas kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan dari Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan yang bekerja di koperasi tersebut dengan sampel sebanyak 69 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan menyebarkan angket atau daftar pernyataan kepada karyawan yang bekerja di Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara variabel keselamtan kerja terhadap produktivitas kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi sederhana yaitu : Y = 1,897+ 0,432X Dimana hal tersebut menyatakan bahwa tiap kenaikan variabel Keselamatan kerja sebesar 1% maka akan meningkatkan produktivitas kerja sebesar 0,432%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Bambang Surahman
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.179 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.177

Abstract

Proses pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik masih terdapat beberapa masalah yang cukup signifikan sehingga menurunkan tingkat kepuasan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap pelayanan administrasi Fakultas Teknik UGP. Permasalahan antara lain pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang terlalu lama sehingga terjadi ada pergerakan aktivis mahasiswa UGP yang mendesak pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menget­ahui dan mengukur kualitas pelayanan administrasi yang mempengaruhi kepuasan pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Hipotesis penelitian ini adalah diduga kualitas pelayanan adminsitrasi mempengaruhi kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, dengan alat analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan Y = 1,024 + 0,096X1 + 0,115X2 + 0,221X3 + 0,118X4 + 0,057X5. Jika variabel daya tanggap (X1), jaminan (X2), wujud langsung (X3), empati (X4) dan kehandalan (X5) sama dengan nol, maka nilai kepuasan mahasiswa sebesar 1,024. Setiap penambahan 1 poin variabel kualitas pelayanan tersebut akan diikuti dengan menaiknya kepuasan mahasiswa. Uji koefisien determinasi (R2), nilai adjusted R square adalah 0,935, hal ini menunjukan bahwa 93,5% kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan). Sisanya 6,5% disebabkan oleh pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam kajian. Secara parsial menggunakan uji t, dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi dengan thitung didapat nilai thitung daya tanggap sebesar 2,342 (X1) > 1,663, jaminan (X2) 2,659 > 1,663, wujud langsung (X3) 3,237 > 1,663, empati (X4) 3,776 > 1,663, dan kehandalan (X5) 2,127 > 1,663. Dengan demikian variabel kualitas pelayanan adminsitrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara parsial kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP. Secara simultan dengan menggunakan uji F, dari uji Anova dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 6,427 > Ftabel sebesar 2,320, terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti kualitas pelayanan administrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara simultan kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP.
Pengaruh Leadership Style Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desi Wahyuni; Alwin Teniro
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 2 (2022): Juli: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/juiim.v4i2.218

Abstract

Abstract: This study aims to determine whether reje's leadership style affects community participation in Pinangan village, Kebayakan District, Central Aceh Regency. The dependent variable (Y) used in this study is leadership style and the independent variable (X) is community participation. The sampling technique used is the Random Sampling technique. The data used is data collection techniques by disseminating questionnaires, observations, documentation studies. Hypothesis testing is carried out using Quantitative analysis and uses statistical testing with the Product Moment Correlation formula (Person Method). The calculation results for the hypothesis about the influence of Reje's leadership style on the participation of the village community showed a correlation of 0.60. Based on the results of the hypothesis test shows in correlation that leadership style has a significant effect on community participation, as shown that the Correlation Efficiency is worth 0.60 or 60%. and the sig value. 0.05 or 5%. variations or changes in community participation can be explained by the variables of leadership style. While the remaining 40% is explained by other factors that were not included in this research model. And the adjusted value of R² square shows the number 0.001 which means it is perfect.
PENGARUH KINERJA ROOM ATTENDANT TERHADAP TINGKAT KEBERSIHAN KAMAR DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA Sugiman Sugiman
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 2 No 2 (2020): Juli : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/juiim.v2i2.254

Abstract

Room attendant bertugas menyiapkan kamar untuk dijual oleh departemen pemasaran dan kantor depan.Penelitian menggunakan indikator kecepatan, kedisiplinan, dan pengalaman.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja staf housekeeping dan kebersihan di Hyatt Regency Hotel Yogyakarta . Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, observasi, dokumentasi dan metode pengumpulan data dan teknik menggunakan angket. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dampak kinerja housekeeping terhadap kebersihan kamar di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta diteliti. Subyek survei adalah 10 orang karyawan Hyatt Regency Yogyakarta Hotel Floor Supervisor dan Housekeeping Assistant Manager. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja housekeeping yang meliputi kecepatan, kedisiplinan dan pengalaman merupakan kinerja yang sangat baik dan berpengaruh terhadap kebersihan kamar Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan 75% responden yang menjawab “ya” dan 80% menjawab “ya” dalam hal kebersihan kamar. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kinerja pelayan mempengaruhi kebersihan kamar di Hyatt Regency Hotel Yogyakarta
Analisis Perbandingan Sebelum dan Sesudah Onlineshop Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Kenko Fashion Takengon Kabupaten Aceh Tengah Bambang Suharman; Wahyuni Sari
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 2 (2022): Juli: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/juiim.v4i2.285

Abstract

Sistem belanja Online dan sistem pembelian Offline adalah alat yang digunakan masyarakat dalam melakukan pembelian produk. Pembelian secara Online adalah bentuk promosi, pemasaran barang dan jasa dengan menggunakan sosial media sedangkan pembelian secara Offline adalah situasi ketika seorang penjual menawarkan/ menjual produknya secara langsung kepada konsumen baik konsumen perorangan maupun bisnis. Jadi kedua sistem transaksi ini akan membuat hubungan yang baik dalam pikiran masyarakat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Perbandingan Sebelum dan Sesudah Onlineshop TerhadapVolume Penjualan Pada Toko Kenko Fashion Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah study lapangan (Field Research), obeservasi, dokumentasi serta wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan data yang diperoleh selama 2 tahun, setahun sebelum Online Shop dan setahun sesudah Online shop. Teknik analisa data menggunakan rumus uji t sampel paired. Berdasarkan hasil analisa uji t sampel paired terima H1 apabila 2.7871 >1.7171 pada penggunaan volume penjualan sebelum dan sesudah Online Shop. terdapat perbedaan volume penjualan antara sebelum dan sesudah Online Shop karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Kesimpulan Ho ditolak maka Ha diterima.
Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah Studi Kasus KSU Syariah Huwaiza Rahma Diana; Irma Irma
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 2 (2022): Juli: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/juiim.v4i2.299

Abstract

Abstrak-Transaksi murabahah merupakan salah satu transaksi yang mendominasi penyaluran dana di KSU Syariah Huwaiza dibandingan dengan produk-produk lainnya. Hal ini dikarenakan sifatnya yang menguntungkan dan mudah dalam penerapannya, akan tetapi dalam prakteknya masih dijumpai adanya cacat janji yang dilakukan oleh pihak nasabah yang tidak memenuhi kewajiban terhadapa pihak KSU Syariah Huwaiza sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya pembiayaan bermasalah di KSU Syariah Huwaiza. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan untuk menanganan pembiayaan murabahah bermasalah. Penelitian ini merupakana penelitian lapangan yang mana data dikumpulkan dengan metode wawancara langsung kepada pihak KSU Syariah Huwaiza. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menguraikan data yang terkumpul. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi yang digunakan adalah: tanggal khusus, yaitu menginformasikan nasabah melalui sms terkait waktu pembayaran, Silaturrahmi atau pihak KSU Syariah mengunjungi nasabaha yang pembiayaannya mulai bermasalah, teguran, perpanjangan waktu (rescheduling), dan yang terakhir