Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Aida Shofiyyatunnisa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMPN 1 KRAMATWATU pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 KRAMATWATU yang terdiri dari sembilan kelas dan dengan teknik purposive sampling terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII D yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis dalam bentuk soal-soal uraian (essay) sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil analisis data secara dekriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat adalah 44,47 dari skor ideal 100 serta hasil rata-rata persentasenya adalah 44% berada pada kategori kurang kreatif artinya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah pada materi segiempat. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pendekatan STAD lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...