cover
Contact Name
Fahrul Basir
Contact Email
fahrulb@uncp.ac.id
Phone
+6285399753612
Journal Mail Official
pedagogy@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No.9 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25023802     EISSN : 25023799     DOI : https://doi.org/10.30605/pedagogy
Core Subject : Education,
Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran matematika.
Articles 115 Documents
PENGARUH RISILIENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Nur Wahidin Ashari; Salwah Salwah
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.163 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.267

Abstract

Resiliensi mahasiswa merupakan hal yang sebaiknya diketahui oleh setiap pendidik dalam rangka mengetahui bagaimana para mahasiswa dapat beradaptasi terhadap lingkungan belajar dan beban belajar yang berat di perguruan tinggi. Dengan demikian dosen dapat mengatahui bagaimana cara untuk membelajarkan mahasiswa ditinjau dari resiliensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh resiliensi terehadap prestasi belajar mahasiswa dan untuk mengathui faktor yang paling dominan yang paling berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa jika ditinjau dari resiliensinya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh mahasiswa semester V Program Studi Informatika dengan memilih 313 Sampel secara acak. Resilensi berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo.
PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO Aswar Anas; Nilam Permatasari Munir
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.065 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.268

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar dan pemahaman konsep mahasiswa dalam penerapan E-Learning berbasis proyek dan mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep mahasiswa setelah penerapan E-Learning berbasis proyek. Penelitian ini bertempat di Universitas Cokroaminoto Palopo pada Program Studi Pendidikan Matematika dan program studi Teknik Informatika yang disetting sebagai kelas perkuliahan mata kuliah Struktur Data, Logika Informatika dan Media Pembelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan pemahaman konsep mahasiswa dengan penerapan E-Learning berbasis proyek jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sebelum penerapan E-Learning. Terjadi peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep mahasiswa dengan penerapan E-Learning berbasis proyek.
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT Aida Shofiyyatunnisa; Heni Pujiastuti
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.101 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.269

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMPN 1 KRAMATWATU pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 KRAMATWATU yang terdiri dari sembilan kelas dan dengan teknik purposive sampling terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII D yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis dalam bentuk soal-soal uraian (essay) sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil analisis data secara dekriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat adalah 44,47 dari skor ideal 100 serta hasil rata-rata persentasenya adalah 44% berada pada kategori kurang kreatif artinya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah pada materi segiempat. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pendekatan STAD lebih baik dari pembelajaran konvensional.
PROFIL PENALARAN KUANTITATIF DAN KEMAMPUAN GENERALISASI SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI Muhammad Muzaini
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.621 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.270

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif dan kemampuan menggeneralisasi siswa. Penelitian ini melibatkan 125 siswa kelas VIII SMP. salah satunya dengan keterampilan sedang dipilih sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui tes, tugas, dan wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generalisasi yang dibangun oleh subjek diawali dengan membentuk hubungan antara dua atau lebih kuantitas dengan membangun rasio dari kuantitas yang muncul yang menghubungkan dua kuantitas awal, mengulangi tindakan untuk menemukan elemen kesamaan dan kemudian mengembangkan pola atau relasi ke dalam bentuk struktur yang lebih umum. Sehingga Penalaran kuantitatif yang dimiliki subjek sangat mempengaruhi generalisasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini penting sebagai bahan masukan bagi guru, untuk mengembangkan generalisasi yang kuat secara umum, maka siswa harus membangun rasio dari kuantitas yang muncul dengan menghubungkan antar kuantitas. Sehingga dapat mendukung kemampuan siswa untuk melakukan generalisasi dengan benar.
DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL INTEGRAL Ernawati Ernawati
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.548 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal integral. Penelitian ini dilakukan di Kelas XII IPA SMA Tridharma MKGR Makassar pada tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa yang dipilih dari siswa unggulan di kelas tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes integral dan pedoman wawancara. Penelitian ini menganalisis pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal integral dengan 5 indikator yaitu, menyatakan ulang konsep (MUK), mengklasifikasi objek sesuai konsep (MOK), memberikan contoh dan bukan contoh sesuai konsep (MCK), menyajikan konsep dalam bentuk representasi (MKR), dan mengklasifikasikan konsep atau alogritma pemecahan masalah (MAK). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 5 subjek, hanya 2 siswa yang termasuk kategori tingkat pemahaman tinggi dan selebihnya terdapat kategori sedang dan rendah. Indikator pemahaman konsep yang paling dipahami siswa yaitu, menyatakan ulang konsep (MUK), mengklasifikasi objek sesuai konsep (MOK), memberikan contoh dan bukan contoh sesuai konsep (MCK), menyajikan konsep dalam bentuk representasi (MKR), dan mengklasifikasikan konsep atau alogritma pemecahan masalah (MAK) yang paling sulit dipahami oleh siswa.
INVESTIGASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL CALON GURU TERHADAP SEGIEMPAT Latief Sahidin; Ikman Ikman
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.157 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.272

Abstract

Segiempat sebagai materi geometri sekolah sangat penting untuk dipahami oleh guru matematika. Materi segiempat yang esensial perlu dikuasai dan dimiliki oleh guru matematika yaitu definisi dan klasifikasi segiempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman calon guru matematika dalam mengungkapkan definisi dan mengklasifikasi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan bantuan vignette dianalisis dengan metode analisis isi. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi, dikode, dikategori dan disimpulkan. Penelitian ini dilakukan dengan subjek calon guru matematika yang belajar di Pendidikan Profesi Guru Universitas Halu Oleo pada tahun akademik 2018, berjumlah 29 mahasiswa calon guru (8 laki-laki & 21 perempuan) berusia antara 23 – 28 tahun. Dari data diperoleh, ditemukan bahwa sebagian besar calon guru matematika cukup baik dalam mendefinisikan trapesium, persegi dan belahketupat tetapi mengalami kesulitan dalam mendefinisikan layang-layang, jajargenjang, persegipanjang secara ekonomis. Sebagian besar calon guru cukup baik dalam mengklasifikasi segiempat secara inklusif atau secara eksklusif, tetapi ada beberapa yang mengalami kesulitan mengklasifikasi persegi dan belahketupat dengan tepat. Sebagian besar calon guru masih berada pada tingkat developing-conceptual pemahaman konseptualnya terhadap segiempat.
DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA BERDASARKAN GENDER PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL Fahrul Basir; Karmila Karmila; Shindy Ekawati
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.762 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i1.279

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan fakta kemampuan penalaran mahasiswa berdasarkan gender pada mata kuliah persamaan diferensial. Penelitian ini dilaksanakan Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Subjek penelitian adalah mahasiswa Semester 4 Kelas 4A dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran dengan indikator (1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, (2) melakukan manipulasi matematika, (3) menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, dan (4) menarik kesimpulan dari pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistika deskriptif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran mahasiswa pada mata kuliah persamaan diferensial berada pada kategori tinggi. Berdasarkan indikator kemapuan penalaran mahasiswa laki-laki mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, mampu melakukan manipulasi matematika, tidak mampu menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, dan tidak mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. Kemampuan penalaran mahasiswa perempuan berdasarkan indikator kemampuan penalaran mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, tidak mampu melakukan manipulasi matematika, tidak mampu menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, dan tidak mampu menarik kesimpulan dari pernyataan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI ERA PANDEMI COVID-19 Andi Jusmiana; Herianto Herianto; Rabiatul Awalia
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.257 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i2.400

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual (Video) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Libureng Kabupaten Bone dengan populasi sebanyak 282 siswa. Melalui teknik purposive sampling, didapatkan sampel penelitian sebanyak 53 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas IX.A sebagai Kelas kontrol dan 28 siswa kelas IX.B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama pandemi COVID-19 sehingga segala aktivitas pembelajaran dilakukan dengan sistem Daring menggunakan google classroom. Kelas kontrol diberikan perlakuan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika yakni pembelajaran menggunakan media gambar. Sedangkan kelas eksperimen menggunakan media audio visual. Instrumen dalam penelitian ini yakni berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penilitian menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah pemberian pretest pada kelas kontrol sebesar 59,60 dan pada kelas eksperimen sebesar 58,57. Sedangkan hasil posttest menunjukan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 65,60 dan pada kelas eksperimen sebesar 75,71. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan posttest siswa pada kelas kotrol maupun kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,024 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan nilai rerata posttest antara kelas control dan kelas eksperimen. Didapatkan pula nilai thitung sebesar 2,329 dan ttabel (0,05/2;df) sebesar 2,007. Karena thitung=2,329 > ttabel=2,007 maka Ho ditolak dan h1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual(video) terhadap hasil belajar siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI STATISTIK MAHASISWA MELALUI PEMBELAJAAN STATISTIK INFERENSIAL BERBASIS PROYEK DENGAN MENINJAU GAYA KOGNITIF MAHASISWA Eva Dwika Masni; Uke Ralmugiz; Nia Kurniaty Rukman
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.488 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i2.401

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah one group only pretest-posttest design. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengetahui (a) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran statistik antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD (b) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi statistik antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD (c) Apakah terdapat korelasi antara kemampuan penalaran statistik mahasiswa dan kemampuan komunikasi statistik mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Kupang tahun akademik 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih semua mahasiswa yang sedang mengontrak mata kuliah statistika inferensial.Beberapa Instrumen penelitian yang dikembangkan yakni (1) Test GEFT (2) instrumen tes kemampuan penalaran statistik (3) instrumen tes kemampuan komunikasi statistik. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif deksriptif. Data mengenai peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi statistik dianalisis dengan statistika inferensial menggunakan uji independent sample t tes, untuk menganalisis keeratan hubungan keamampuan penalaran dan komunikasi statistik digunakan uji korelasi Product Moment Pearson.Hasil penelitian menunjukkan: a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran statistik antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi statistik antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD (c) Terdapat korelasi yang kuat antara kemampuan penalaran statistik mahasiswa dan kemampuan komunikasi statistik mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,683.
PENGARUH PENDEKATAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURES, SYMBOLS, AND APPLICATION) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII Nursakiah Nursakiah; Rezki Ramdani; Andi Mulawakkan Firdaus; Muhammad Muzaini
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.513 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v5i2.402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, and Application) terhadap pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar tahun ajaran 2019/2020 dan selanjutnya dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan ELPSA dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan matematika setelah diterapkan pendekatan pembelajaran ELPSA; (2) skor kemampuan matematika setelah diterapkan pendekatan pembelajaran ELPSA memenuhi kriteria ketuntasan yaitu lebih dari 80; dan (3) ketuntasan kemampuan matematika siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran ELPSA tuntas secara klasikal yaitu mencapai 97%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, and Application) berpengaruh terhadap kemampuan matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar.

Page 1 of 12 | Total Record : 115