Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2020): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL INTEGRAL

Ernawati Ernawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal integral. Penelitian ini dilakukan di Kelas XII IPA SMA Tridharma MKGR Makassar pada tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa yang dipilih dari siswa unggulan di kelas tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes integral dan pedoman wawancara. Penelitian ini menganalisis pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal integral dengan 5 indikator yaitu, menyatakan ulang konsep (MUK), mengklasifikasi objek sesuai konsep (MOK), memberikan contoh dan bukan contoh sesuai konsep (MCK), menyajikan konsep dalam bentuk representasi (MKR), dan mengklasifikasikan konsep atau alogritma pemecahan masalah (MAK). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 5 subjek, hanya 2 siswa yang termasuk kategori tingkat pemahaman tinggi dan selebihnya terdapat kategori sedang dan rendah. Indikator pemahaman konsep yang paling dipahami siswa yaitu, menyatakan ulang konsep (MUK), mengklasifikasi objek sesuai konsep (MOK), memberikan contoh dan bukan contoh sesuai konsep (MCK), menyajikan konsep dalam bentuk representasi (MKR), dan mengklasifikasikan konsep atau alogritma pemecahan masalah (MAK) yang paling sulit dipahami oleh siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...