Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN LATIMOJONG

Muhammad Ramadhan (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Suaedi Suaedi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Ilyas (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Kemampuan numerik dan kecerdasan emosional sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah. Kemampuan numerik dibutuhkan saat melaksanakan rencana penyelesaian dalam memecahkan masalah, sedangkan kecerdasan emosional dibutuhkan dalam membuat rencana atau strategi pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh kemampuan numerik dan kecerdasan emosional terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP di kecamatan Latimojong. Penelitian ini dilaksanakan di SMP yang ada di kecamatan Latimojong, kabupaten Luwu pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan subjek yaitu teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan numerik, angket kecerdasan emosional dan tes pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh kemampuan numerik dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP di kecamatan Latimojong. Artinya siswa yang memiliki kemampuan numerik dan kecerdasan emosional tinggi cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang tinggi juga. Kemampuan numerik dan kecerdasan emosional memiliki kontribusi pengaruh 35,4% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP di kecamatan Latimojong dan 64,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kemampuan numerik dan kecerdasan emosional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...