Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO

Darma Darma (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Suaedi Suaedi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ma’rufi Ma’rufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada salah satu kelas VIII di SMP Datok Sulaiman Palopo. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, lembar aktivitas peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria keefektifan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo sebelum pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematikaberada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setelah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika berada pada kategori baik, (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setelah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika, (4) Aktivitas peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo pada saat proses pembelajaran berada pada kategori aktif, dan (5) Respon peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setalah pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis berada pada kategori posotif. (6) Penggunaan media pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...