Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DAN MOTIVASI SISWA KELAS V SD 53 SAWERIGADING KOTA PALOPO

Aspiana Aspiana (u)
Suaedi Suaedi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
ma ma (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan dan Motivasi Siswa Kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada di Kota Palopo, pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yaitu angket motivasi siswa, tes kemampuan pemahaman konsep pecahan, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian yaitu 1) Ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah penerapan pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik siswa kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo, 2) Ada peningkatan motivasi setelah penerapan pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik siswa kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...