Study & Management Research
Vol 12 No 2 (2015): SMART (Study & Management Research)

Analisis Biaya Promosi PT Kerinci Permata Motor Jambi (Studi Kasus Mobil Merek Mitsubishi L 300)

Susilawati . (STIE STEMBI Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2015

Abstract

PT. Kerinci Permata Motor Jambi adalah salah satu perusahaan yang bergerak d alam bidang pemasaran kendaraan roda empat di Kota Jambi dengan merk Mitsubishi. Dari berbagai type mobil Mitsubishi yang dipasarkan, type L 300 merupakan type yang paling lama dipasarkan oleh PT. Kerinci Permata Motor Jambi. Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya dan untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan sejenis PT. Kerinci Permata Motor menggunakan media promosi periklanan, personal selling dan promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya promosi pada PT. Kerinci Permata Motor Jambi khususnya untuk mobil Mitsubishi L 300 dan bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder, dimana data yang diolah adalah data dari tahun 2005-2014. Data dianalisis dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya personal selling merupakan komponen biaya promosi yang terbesar dibandingkan dengan biaya periklanan dan promosi penjualan. Dari hasil analisis regresi diketahui biaya periklanan dan biaya promosi penjualan berpengaruh negatif terhadap penjualan, sedangkan personal selling berpengaruh positif terhadap penjualan mobil Mitsubishi L 300 pada PT. Kerinci Permata Motor Jambi. Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa baik secara simultan maupun parsial biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan berpengaruh signiikan terhadap penjualan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalsmart

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal SMART merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempublikasikan berbagai hasil kajian bidang Ilmu Ekonomi, khususnya Ilmu Manajemen dan Bisnis. Jurnal ini dirancang untuk diterbitkan 3 kali dalam setahun (4 bulanan). Demi menjaga konsistensi penerbitan jurnal ini, redaksi mengundang sidang ...