cover
Contact Name
O Feriyanto
Contact Email
feriyanto@stembi.ac.id
Phone
+6282214933943
Journal Mail Official
feriyanto@stembi.ac.id
Editorial Address
Jl. Buahbatu No.26 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Study & Management Research
ISSN : 16934474     EISSN : 28294076     DOI : https://doi.org/10.55916/smart.v18i1
Core Subject : Economy,
Jurnal SMART merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempublikasikan berbagai hasil kajian bidang Ilmu Ekonomi, khususnya Ilmu Manajemen dan Bisnis. Jurnal ini dirancang untuk diterbitkan 3 kali dalam setahun (4 bulanan). Demi menjaga konsistensi penerbitan jurnal ini, redaksi mengundang sidang pembaca dari berbagai pihak, baik dosen, mahasiswa, peneliti, maupun praktisi untuk berpartisipasi mengisinya melalui tulisan baik berupa karangan, ringkasan hasil penelitian, maupun resensi yang sesuai dengan tujuan dan misi dari jurnal ini
Articles 98 Documents
Kualitas Kewirausahaan Pengusaha Etnis Tionghoa Dan Etnis Melayu Di Kalimantan Barat Sulistiowati .
Jurnal Study and Management Research Vol 12 No 2 (2015): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.524 KB) | DOI: 10.55916/smart.v12i2.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah terdapat perbedaan k ualitas wirausaha antara wirausahawan etnis Tionghoa dan wirausahawan etnis Melayu. Dalam penelitian ini kualitas wirausaha diukur dari need for achievement (kebutuhan berprestasi), locus of control, risk taking propensity (kecenderungan mengambil resiko), perseverance (ketekunan), independent, creative, dan knowledgeable (berpengetahuan luas). Pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar kepada 60 orang responden wirausahawan etnis Tionghoa dan 60 orang responden wirausahawan etnis Melayu, kemudian diuji dengan uji beda T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signiikan pada karakteristik locus of control, pengambilan resiko, ketekunan, kebebasan, kreativitas dan wawasan antara wirausahawan etnis Melayu dan Tionghoa. Sedangkan pada karaktristik kebutuhan akan berprestasi (need for achievement) tidak terdapat perbedaan signiikan antara pengusaha etnis Melayu dan Tionghoa.
Implementasi Memorable Tourism Experience Scale Pada Wisatawan yang Berkunjung Ke Objek Wisata Kota Padang Afifah .; Yosi Suryani; Ranti Komala Dewi
Jurnal Study and Management Research Vol 15 No 1 (2018): SMART (Study Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.857 KB) | DOI: 10.55916/smart.v15i1.1

Abstract

Tujuan_Artikel ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana pengalaman wisatawan berkunjung ke objek wisata di Kota Padang.Desain/Metode _Persepsi wisatawan tersebut digali menggunakan indicator-indikator yang terdapat Memorable Tourism Experience Scale. Persepsi wisatawan dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada wisatawan yang menjadi sampel. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 213 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis faktor.Temuan_Hasilnya diketahui terdapat lima faktor yang menjadi ingatan wisatwan ketika berkunjung ke Kota Padang yakni: Kepuasan Utama, Positif Feeling, Social Experience, Involvement dan Refresment. Diantara lima faktor tersebut yang menjadi ingatan dominan adalah Kepuasan Utama (Main Satisfaction)Implikasi_Temuan ini dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun kegiatan promosi objek wisata Kota PadangOriginalitas_Originalitas dari pembahasan artikel ini adalah teknik analisis yang dilakukan secara kuantitatifTipe Penelitian_Penelitian ini tergolong pada penelitian empirisKata Kunci : Memorable Tourism Experience, Kuantitatif, Wisata Kota Padang
Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Kota Bandung P. Pulung Puryana; Ryan Adhitia Guntari
Jurnal Study and Management Research Vol 14 No 2 (2017): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.078 KB) | DOI: 10.55916/smart.v14i2.21

Abstract

Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan yang bergerak pada perusahaan manufaktur maupun perusahaan dibidang jasa harus mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi harapan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pesaing, yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang prima.Pelayanan prima adalah pelayanan dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat, secara konsisten dan akurat (handal), (Nina Rahmayanty, 2010 : 18). Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan Engel et al (1990) dalam Fandy Tjiptono (2004:146).Unit analisis dan penarikan sampel dalam penelitian ini adalah para satuan kerja (SATKER) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bandung I. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui bahwa secara simultan pelayanan prima memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan satuan kerja dengan koefisien determinasi 0,681 atau 68,1% adapun sisanya sebesar 31,9% yang disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar ke enam variabel tersebut yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.Hasil pengaruh pelayanan prima (kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability)) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan satuan kerja di Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bandung I (KPPN Bandung I).Kata Kunci : kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggungjawab, dan Kepuasan Satuan Kerja (SATKER).
Meningkatkan Loyalitas Konsumen Melalui Pelayanan, Trust, dan Harga Ratna Ekawati; Agus Deky Marlan
Jurnal Study and Management Research Vol 13 No 3 (2016): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.966 KB) | DOI: 10.55916/smart.v13i3.40

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui PengaruhKualitas Pelayanan Jasa, Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitaspengguna jasa pengiriman barang PT. TRIVIA CARGO EXPRESS Kota Bandung. Metode penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif. Populasidalam penelitian ini sebanyak 81 perusahaan dengan teknikpengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel.Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperolehhasil untuk sub struktur penelitian pertama yaitu secara Simultanterdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan Jasa, Kepecayaan danHarga terhadap Loyalitas Perusahaan. Sedangkan secara Parsial hanyavariable Kualitas pelayanan jasa memiliki pengaruh signifikan terhadapLoyalitas. Variabel Kepercayaan juga memiliki pengaruh signifikanterhadap Loyalitas Perusahaan, demikian juga Harga memiliki pengaruhsignifikan terhadap Loyalitas Perusahaan. Secara Simultan terdapatpengaruh antara Kualitas Pelayanan Jasa, Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas PerusahaanKata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Harga Loyalitas
Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Budi Djatmiko
Jurnal Study and Management Research Vol 10 No 3 (2013): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.96 KB) | DOI: 10.55916/smart.v10i3.56

Abstract

Customer Relationship Marketing (CRM) sudah menjadi sebuah praktek yang umu dilakukan oleh berbagai organisasi bisnis termasuk perbankan. tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan atau menjaga loyalitas pelanggan. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitas nasabah penabung pada Bank BRI Unit Sudirman Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis verifikatif. Dengan sampel nasabah penabung Simpedes dan Britama sebanyak 120 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Dimensi CRM yang diteliti adalah Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds.Hasil penelitian memperlihatkan baik secara simultan maupun secara parsial, CRM yang terdiri atas Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil ini memberikan rekomendasi kepada BRI untuk memperkuat CRM agar loyalitas nasabah dapat dipertahankan.Kata Kunci : Financial Bonds, Social Bond, Customization Bond, Loyalitas.
Pengujian Dampak Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Kepuasan Kerja Guru Honorer Di Kota Bandung Ai Rohayati; Leli Nirmalasari
Jurnal Study and Management Research Vol 11 No 3 (2014): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.439 KB) | DOI: 10.55916/smart.v11i3.76

Abstract

Guru merupakan sosok utama dalam lembaga pendidikan. Kualitas lembaga tidak dapat dipandang dari segi materi, seperti gedung megah, fasilitas lengkap, maupun status sekolah (Negeri atau Swasta). Akan tetapi, output lembaga yang akan dihasilkan. Pengabdian guru honorer dalam mengemban tugas mengajar boleh saja ikhlas mereka lakukan, tetapi mereka juga manusia biasa yang perlu memikirkan penghidupan, ekonomi, kesejahteraan keluarganya dan dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kepuasan kerja dengan penciptaan organizational citizenship behavior (OCB) guru honorer Di Kota Bandung. Metode penelitian berdasarkan statistik deskriptif, asosiatif dan statistik inferensial, sedangkan sample berjumlah 130 guru honorer dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif dari tanggapan responden, disimpulkan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kepuasan Kerja Guru honorer kota Bandung memiliki nilai yang tinggi. Sedangkan berdasarkan analisis regresi sederhana dihasilkan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif siginifikan terhadap Kepuasan Kerja baik secara simultan maupun parsial.
Pengaruh Jasa Telekomunikasi Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Per Kapita Daerah Tingkat II Kota Bandung Yopines Ansen
Jurnal Study and Management Research Vol 15 No 2 (2018): SMART (Study Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.109 KB) | DOI: 10.55916/smart.v12i2.87

Abstract

Jasa Telekomunikasi, khususnya jasa telepon merupakan kebutuhan pokok mas yarakat, bagi kepentingan ekonomi, social budaya dan keamanan. Kebutuhan ini s ejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, dalam upaya memenuhi k ebutuhan hidup. Di Kota Bandung permintaan akan jasa telepon semakin meningkat. Tersedianya sarana ini diharapkan akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara umum di Kotamadya Bandung. Pada gilirannya pertumbuhan ekonomi ini akan dapat meningkatkan pendapatan per kapita penduduk. Dalam penelitian ini menganalisis tiga variable yaitu Jumlah Penduduk (X1), Jasa Telekomunikasi (Telepon) (X2) dan Pendapatan Per Kapita (Y). Metode penelitian menggunakan Desain Kausal, dengan jumlah populasi sama dengan sampel n = 7. Teknik analisis yang digunakan antara lain Metode Korelasi Linier Berganda. Metode Regresi Linier Berganda dan Metode Bunga Berganda. Hasil penelitian pertama menunjukan besarnya nilai korelasi ( R ) secara bersama-sama dari tiga variable 0,9745, yang berarti hubungan ketiga variable sangat kuat. Kedua, besarnya nilai koeisien determinasi ( R2) 94,96, ini berarti varian yang terjadi pada pendapatan Per Kapita (Y) dapat dijelaskan oleh Jumlah Penduduk (X1) dan Jumlah Jasa Telekomunikasi (Telepon) (X2) melalui persamaan Regresi Linier Berganda Y = 5.318.489,7090 – 9,8513 X1 + 279,3549 X2, Ketiga, Persamaan Regresi Linier Berganda Y = 5.318.489,7090 – 9,8513 X1 + 279,3549 X2.
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi pada Hotel Delonix Karawang) Suci Tresno Putri; Arif Partono Prasetio
Jurnal Study and Management Research Vol 14 No 3 (2017): SMART (Study Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.762 KB) | DOI: 10.55916/smart.v14i3.16

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pada Hotel Delonix Karawang yang merupakan salah satu perusahaan di bidang hospitality. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada seluruh karyawan yang ada di Hotel Delonix Karawang. Sampel terpilih adalah sebanyak 100 orang dari total keseluruhan karyawan sebanyak 129 orang dengan convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert lima titik. Item yang digunakan pada variabel independent (X) yaitu kepuasan kerja sebanyak 20 item pernyataan dan variabel dependent yaitu turnover intention (Y) sebanyak 7 item pernyataan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis deskriptif. Sementara untuk menguji untuk menguji data dengan menggunakan uji normalitas one sample Kolmogrov-Smirnov, uji heteroskedastisitas Spearman’s rho dan uji koe isien determinasi. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh berdasarkan analisis regresi linier sederhana nilai signi‹ikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka penelitian ini mendukung hipotesis H1 yaitu kepuasan kerja berpengaruh signi ikan negatif terhadap turnover intention Hotel Delonix Karawang. Perusahaan hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan agar dapat menurunkan tingkat turnover yang tinggi pada Hotel Delonix Karawang, dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan karyawannya serta fasilitas sehingga dapat membuat karyawan merasa betah bekerja diperusahaan untuk mengurangi tingkat turnover intention tersebut. Kata Kunci: Kepuasan kerja, turnover intention.
Penggunaan Layanan M-Banking : Sikap Dan Norma Subyektif Nasabah Bank Patria Supriyoso; Imas Ratnasari
Jurnal Study and Management Research Vol 13 No 3 (2016): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.45 KB) | DOI: 10.55916/smart.v13i3.33

Abstract

Penelitian ini menganalisis Sikap dan Norma Subyektif terhadap Keinginan Nasabah Bank Untuk Menggunakan Layanan M-banking Di Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dikalangan nasabah bank, yang mana layanan m-banking kini memang sudah menjadi trand di dalam layanan perbankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap keinginan nasabah bank untuk menggunakan layanan m-banking.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei pada nasabah bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA dikota Bandung, yang belum menggunakan layanan m-banking. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan telaah kepustakaan. Unit analisisnya yaitu berjumlah 120 responden yang mana dibagi dalam empat pembagian. 30 responden untuk nasabah bank BRI, 30 responden untuk nasabah bank BNI, 30 responden untuk nasabah bank Mandiri dan 30 responden untuk nasabah bank BCA. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan antara Sikap(X1) dan Norma Subyektif(X2) terhadap Keinginan(Y) sebesar 59.1 %. Sedangkan secara parsial sikap signifikan sebesar 22.2%, dan norma subyektif juga berpengaruh signifikan sebesar 18.1%. Kata Kunci : Sikap, Norma Subyektif, Keinginan
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Kautsar Utama Bandung Leli Nirmalasari
Jurnal Study and Management Research Vol 11 No 1 (2014): SMART (Study & Management Research)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.761 KB) | DOI: 10.55916/smart.v11i1.51

Abstract

Dewasa ini organisasi dihadapkan kepada suatu situasi yang rumit dan kompleks, dimana disatu sisi adanya tantangan eksternal yang tidak bisa dielakkan. Di sisi lain ada juga tantangan internal yang berat. Karena itu faktor kepemimpinan, budaya organisasi dan kompensasi memegang peran yang sangat penting bagi keberlangsungan organisasi. Demikian juga halnya dengan PT Kautsar Utama Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data-data dan informasi mengenai pengaruh budaya organisasi, kompensasi dan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Kautsar Utama Bandung.Metode peneilitian yang digunakan adalah verifikatif. Sampel yang dilibatkan sebanyak 48 karyawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan path analysis (analisis jalur).Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan baik secara parsial maupun simultan. Hasil ini sekaligus mengkonfirmasi hasil-hasil penelitian sebelumnya yang dijadikan rujukan dalam penyusunan hipotesis.Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kompensasi, Kepuasan Kerja.

Page 1 of 10 | Total Record : 98