Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM ROMAN THÉRÈSE RAQUIN KARYA ÉMILE ZOLA (SUATU KAJIAN PSIKOANALISIS)

Helena Mirthe (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Subjek penelitian ini adalah roman Thérèse Raquin karya Émile Zola yang diterbitkan oleh Librairie Generale Francaise – Les Classiques D’aujourd’hui N° 34, tanggal 3 November 1971. Objek penelitian utamanya adalah (1) struktur kepribadian pada tokoh utama dan tokoh tambahan. Objek penelitian tambahan adalah (2) unsur-unsur intrinsik yang terkait (seperti tokoh, penokohan dan tema) untuk mempertegas hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dan tokoh tambahan dalam roman Thérèse Raquin Karya Émile Zola dengan menggunakan teori psikoanalisis dalam sastra oleh Sigmund Freud. Hasil penelitian dari analisis psikologis tokoh utama dan tokoh tambahan, didapati bahwa (1) kepribadian superego pada tokoh utama Thérèse lebih dominan, daripada ego dan id-nya. Sedangkan secara keseluruhan kepribadian tokoh tambahan Laurent lebih dominan ke id, daripada ego dan superego-nya. Tokoh Thérèse digambarkan sebagai seorang wanita yang penurut dan pasif sedangkan tokoh Laurent digambarkan sebaliknya. (2) Tema mayor dalam roman ini adalah perselingkuhan, dan tema minornya adalah pembunuhan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...