cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 230 Documents
PENGARUH BENTUK DAN GAYA IRINGAN DALAM PENGEKSPRESIAN PADUAN SUARA Johanes E.A. Josephus; Perry Rumengan; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1087.291 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ditemukannya pengaruh bentuk dan gaya iringan dalam pengekspresian Paduan suara. Teori yang digunakan yaitu teori musikologi oleh Perry Rumengan dan teori psikologi oleh M. Dwi Marianto. Berdasarkan teori tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif lewat studi pustaka. Penelitian menggunakan literatur-literatur buku, jurnal, artikel, serta partitur-partitur yang dianalisa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengekspresian Paduan Suara dapat dipengaruhi oleh berbagai bentuk dan gaya iringan. Selain itu, peran komposer sangat menentukan bentuk dan gaya iringan. Oleh sebab itu, dalam hal ini komposer juga harus memiliki pengetahuan musik yang luas serta didukung dengan pengiring yang juga dibekali dengan pengetahuan musik yang cukup baik sehingga pengekspresian iringan dapat membantu pengekspresian lagu yang dibawakan oleh Paduan Suara.
TEKNIK DAN STYLE MUSIK DALAM TRADISI MASARATUS DI KABUPATEN MINAHASA Brigita Wolayan; Luccylle M. Takalumang; Franklin Dumais
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.261 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1798

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teknik dan style musik dalam tradisiMasaratus. Masaratus adalah salah satu jenis kesenian berupa vokal yangkhususnya dinyanyikan dalam malam penghiburan duka. Walaupun lagu-lagu yangdinyanyikan adalah lagu-lagu seperti Tahlil dan Mazmur dan lagu-lagu Kristenlainnya tetapi nyanyian ini menjadi unik karena ada yang bernyanyi menggunakansuara 5. Permasalahan yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana sistempemberdayaan elemen-elemen musikal dalam nyanyian tradisi Masaratus. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif denganpendekatan Musikologi dan Etnomusikologi. Pengumpulan data dilakukan dengancara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan berdasarkan hal-hal tersebutmaka disimpulkan bahwa nyanyian tradisi Masaratus memadukan beberapa jenissuara yang berbeda dengan menggunakan teknik head voice dalam penerapan suara5. Penerapan elemen-elemen musikal yang ada pada kenyataannya disesuaikandengan situasi dan kebiasaan bernyanyi yang tidak bisa lepas dari ciri khas musikvokal etnik Minahasa yaitu bernyanyi seperti ditahan-tahan. Dan dengan ciri khasdan kebiasaan bernyanyi seperti itu, nyanyian ini menjadi sulit untuk diiringdengan alat musik pengiring seperti keyboard, gitar atau alat musik lainnya.
KONSEP KEINDAHAN PLATO, THOMAS AQUINAS, DAN AGUSTINUS DALAM REPORTOAR JAZZ MUSIC MAN Metta Muliani Quo; Ernawati
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1294.159 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1800

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan konsep estetika pada reportoar jazz Music Man karya Masahiro Andoh yang telah diaransemen oleh Keiichi Oku. Jenis penelitianyang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan musikologi dan estetika.Penelitian konsep estetika pada karya Music Man dilakukan berdasarkan konsep estetika dari tiga filsuf, yaitu Plato, Agustinus, dan Thomas Aquinas dengan melihat bentuk, struktur, dan aturan-aturan pada permainan jazz seperti improvisasi pada pola melodi dan harmoni yang dibangun melalui akor. Estetika reportoar Music Man dapat dinilai dari adanya keseimbangan antara pikiran dan rasa, kecemerlangan, keselarasan, kelengkapan, dan keteraturan.
STRUKTUR MUSIK LAGU-LAGU KOES PLUS DAN PENGARUHNYA TERHADAP POPULARITAS DAN KELESTARIANNYA Rini Apsari Nender; Perry Rumengan; Glenie Latuni
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.926 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan struktur musik dalam lagu-lagu Koes Plus yang menjadi alasan mengapa lagu-lagu Koes Plus masih bertahan hingga sekarang. Teori yang digunakan yaitu teori musikologi oleh Perry Rumengan dan teori psikologi oleh Andrew Ho. Berdasarkan teori tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Penelitian menggunakan literatur-literatur berupa buku, jurnal dan artikel serta partitur-partitur yang akan dianalisa struktur musikalnya. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa elemen-elemen musik yang diteliti dalam lagu-lagu Koes Plus antara lain ritme, harmoni, form, teknik, style, dan dinamika. Adapun lagu-lagu Koes Plus memiliki elemen-elemen musik yang sederhana dan mudah diingat. Selain itu, lagu-lagu Koes Plus memiliki lirik yang sederhana, mudah dihafal dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
KAJIAN TENTANG ALAT MUSIK TRADISIONAL KOTO DI ZAMAN MODERN Gabriella N R Sumual; Diane Tengker; Elni Usoh
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.235 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1806

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui latar belakang, perkembangan, dan aspek sosial dari alat musik koto. Subjek penelitian adalah kajian tentang alat musik koto di zaman modern. Objek dari penelitian ini adalah alat musik koto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dari alat musik koto di zaman modern ini adalah adanya perbedaan yang besar antara musik koto pada zaman dulu dan zaman sekarang dan sangat berdampak bagi musik tradisional Jepang khususnya musik koto. Perubahaan ini dapat dilihat dari aspek sosial dimana pada zaman dahulu alat musik koto hanya bisa dimainkan oleh biksu dan pegawai istana sedangkan zaman moden ini, alat musik koto dapat dimainkan oleh semua kalangan. Selain itu,pertunjukkan yang dulunya hanya bisa dimainkan di istana sekarang bisa dimainkan dikalangan publik. Perubahan ini dilakukan oleh musisi buta dan masyarakat kelas pedagang dimana mereka bertanggung jawab akan kemajuan dari pertunjukkan musik koto sehari-hari.
ALAT MUSIK BOBOLON DI KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN Esten Y. Tabupok; Perry Rumengan; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.375 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui organologi alat musik Bobolon yang ada di desa Tolulos kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Dalam hal ini menyangkut lokasi penelitian, latar belakang penciptaan, pemilihan bahan, alat dan bahan yang digunakan, proses pengolahan bahan hingga proses finishing, penelitian ini menggunakan teori Struktur Organologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui dan mengidetifikasi hasil penelitian yang akan dilakukan di lapangan atau pada masyarakat setempat, berkaitan dengan pandangan masyarakat dan pemerintah tentang cara pembuatan alat musik Bobolon di desa Tolulos kecamatan Peling Tengah kabupaten Banggai Kepulauan. Alat musik Bobolon merupakan alat musik yang terbuat pohon Sosong/Mongori dengan panjang 40 – 60 cm dengan diameter 25 – 35 cm. Bagi masyarakat di desa Tolulos, musik Bobolon merupakan alat musik yang mempunyai keunikan tersendiri. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan Katibul (Stik), dalamkehidupan masyarakat desa Tolulos alat musik ini sering digunakan pada saat-saat tertentu seperti upacara adat, ulang tahun daerah, dan juga penyambutan tamu. Dalam penyeteman alat musik Bobolon tidak menggunakan patokan nada, penyeteman alat musik Bobolon ini hanya menggunakan telinga dalam pengukuran bunyi musik Bobolonyang di wariskan secara turun-temurun. Ada dua cara teknik memainkan Bobolon yang pertama menggunakan teknik Batong, yang ke dua menggunakan teknik Totobua.
TEKNIK PENGEKSPRESIAN KARYA PADUAN SUARA BERDASARKAN HUBUNGAN SYAIR DAN MUSIK Seprimus J. D. Tangon; Perry Rumengan; Meyny S. C. Kaunang
KOMPETENSI Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.4 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i01.1808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pengekspresian karya Paduan Suara berdasarkan hubungan syair dan musik. Pengekspresian suatu karya Paduan Suara berdasarkan hubungan syair dan musik merupakan suatu hal yang sangat penting ketika suatu karya dibawakan oleh kelompok Paduan Suara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi pustaka. Literatur dan sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa buku, jurnal, artikel, skripsi, wawancara mengenai segala hal dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa pengekspresian karya Paduan Suara berdasarkan hubungan syair dan musik menurut Perry Rumengan adalah suatu proses dimana kelompok Paduan Suara harus membawakan suatu karya dengan memperhatikan seluruh aspek seperti musik dalam syair, kualitas teks, memberi tanda pada suku-suku kata yang bertekanan, interval, ritme kata, struktur kalimat, dinamika, birama, emosi syair, style, kontur, membuat nada atau melodi atas dasar unsur suprasegmental dan makna syair, membuat melodi berdasar ritme syair, pembuatan melodi berdasar kontur emosi syair, pemilihan tangga nada-modus melodi berdasar emosi syair, penataan bentuk (form of musik) menurut emosi bagian-bagian syair, pembuatan style melodi berdasar emosi dan isi syair.
PHYCTOGRAF KANJI DASAR DALAM BUKU MINNA NO NIHONGO KANJI EDITION 1 Novita J.N Badar; Sherly F Lensun; Elni J Usoh
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.208 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1842

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Pictograf dari kanji dasar yang Terdapat Dalam Buku Minna No Nihongo Kanji Edition 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh tahapan dan cara yang tepat dalam menjawab semua permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas disimpulkansebagai berikut: Kanji terdiri dari perpaduan 3 unsur yaitu: On音 (bunyi), Kei形(bentuk) dan Gi儀(arti) hal ini tidak dimiliki oleh huru-huruf lain seperti huruf latin. Berdasarkan asal mula terbentuknya Kanji ini dibagi kedalam 6 grup, antara lain: (1) Shoukei Moji (承継文字) Piktograf, (2) Shiji Moji (支持文字) Tanda atau simbol, (3) Kaii Moji ( 怪異文字) Ideograf, (4) Keisei Moji (形成文字) Phonetik/ Ideograf atau Semasio Phonetic. Kei berarti bentuk sementara Sei berarti bunyi. (5) Tenchu Moji ( 展中文字) Meminjam huruf. (6) Kasha Moji (貨車文字) Meminjam bacaan kanji.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA Helery F Pratasik; Ruddy Pakasi; Ruly Rantung
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.696 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1846

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan metode ekspresi bebas dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar membuat ragam hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano? Kita dapat merumuskan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran ekspresi bebas dalam kegiatan belajar mengajar Seni Budaya khususnya pada materi belajar membuat ragam hias waruga dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik, yang berarti mengadakan percobaan dan pembelajaran membuat ragam hias waruga. Untuk mendapatkan data yang akan diolah secara statistik maka diadakan tes awal dan tes akhir yang nantinya hasil dari kedua tes akan digunakan dalam pengolahan data.Setelah dilakukan perhitungan, maka didapatkan nilai hasil perhitungan menggunakan rumus t-tes t = -3.70, sedangkan untuk nilai t tabel= -1.677 yang berarti nilai t hitung < t tabel. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran ekspresi bebas berpengaruh terhadap hasil belajar membuat ragam hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Melalui penerapan metode ekspresi bebas ini siswa lebih merasa nyaman serta termotivasi, mereka lebih giat dan bersemangat dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil rata-rata pre-tes 74.8 dan hasil rata-rata post-tes 86.8. Dari penelitian yang dilakukan maka disarankan kepada guru-guru khusunya dalam mata pelajaran seni budaya harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tentunya sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa dapat lebih mengerti. Guru juga harus memberikan waktu kepada siswa untuk bereksperimen dan berkreasi. Dan Guru harus memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan hasil yang baik maupun siswa dengan hasil yang kurang baik agar mereka lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran dan nantinya semua siswa akan mendapatkan hasil yang sangat baik.
PENERAPAN SUGESTI DALAM TEKNIK CONDUCTING PADUAN SUARA Riski Kalalo; Perry Rumengan; Meyny Kaunang
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.414 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1847

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar supaya kita dapat mengetahui ciri khas tentang penerapan sugesti kondukting Paduan Suara oleh Perry Rumengan dan dampak yang diakibatkan dalam memimpin Paduan Suara. Sugesti yang diterapkan oleh Perry Rumengan ini adalah suatu niat agar setiap kondakter mampu mempengaruhi penyanyi sesuai dengan apa yang kondakter inginkan melalui gestur dan postur itu sendiri. Dalam penelitian ini penulis mengambil metode penelitian kualitatif wawancara mendalam kepada Perry Rumengan dikarenakan sumber data utama dalam penelitian kualitatif ini berupa kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis yaitu: foto dan data-data di lapangan serta data wawancara kepada seniman-seniman Indonesia. Berdasarkan hal-hal di atas maka dengan ini penulis atau peneliti mengambil kesimpulan bahwa setiap gerakan yang dilakukan oleh Perry Rumengan ini selain memiliki makna, tapi juga dampak bahkan efek, untuk menjadi seorang kondakter profesional. sebab itu tidak seperti membalikan telapak tangan saja. Tapi, semuanya butuh latihan yang sangat tekun ditambahkan juga dengan ilmu tentang kondakting yang sangat mapan.

Page 1 of 23 | Total Record : 230


Filter by Year

2021 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue