Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 5 No. 1 (2022): April

Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Mardince Sasingan (Universitas Halmahera)
Alice Yeni Verawati Wote (UNIVERSITAS HALMAHERA)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajarn yang inovatif dan kreatif. Berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Metode dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment tanpa adanya kelompok pembanding. Penelitian ini mengunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Persiapan Penelitian, Pelaksanaan Penelitian, Memberikan Pre-test dan post test, Mengumpulkan Data dan Analisis Data.  Teknik analisis data menggunakan  t-test dan data satistik yaitu Modus (Mo), Median (Md), Mean (Me). Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD dengan perbedaan rata-rata diperoleh nilai posttest = 77 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest = 33, sedangkan thitung = 14.42 > ttabel = 2.228. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Discovery Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan  demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...