YUME : Journal of Management
Vol 3, No 2 (2020)

Mengukur Keputusan Konsumen Berdasarkan Online Consumer Review Dan Harga Produk

Muhammad Faturrahman ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Syamsul Ridjal (Unknown)
Akhmad Muhammadin (Unknown)
Nurlaely Razak (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan online consumer review terhadap keputusan membeli konsumen dikalangan remaja di kota Makassar pada aplikasi belanja onIine shopee . Pengumpulan data primer yang diperoleh dengan kuisioner dengan desain cross sectional. Populasi merupakan kalangan remaja di Kota Makassar yang menggunakan aplikasi belanja onIine Shopee dan telah melakukan pembeIian pada apIikasi tersebut, yang jumlahnya tidak dapat di identifikasi atau diketahui (un-identified). Sedangkan sampel yang diambiI dengan sampling incidental sebanyak 100 responden. Hasil dari kusioner tersebut melewati uji vailditas dan reability dan telah diuji asumsi klasik yaitu Normalitas, Autokolerasi, Multikoleniaritas, Heterokedasitas, dan Linearitas. Regresi linier berganda digunakan sebagai metode anaIisis dan pengujian dengan aplikasi SPSS 26. Temuan peneIitian mendukung hipotesis pertama, yang berpendapat bahwa harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembeIian, online consumer review memiliki pengaruh positif.dan signifikan.terhadap.keputusan.pembelian.serta harga dan onIine consumer review sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: harga; online consumer review; keputusan pembelian. Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of price and online consumer reviews on consumer buying decisions among teenagers in Makassar in the online shopping application Shopee. Primary data collection was obtained by using a questionnaire with a cross sectional design. The population is teenagers in Makassar City who use the Shopee online shopping application and have made purchases on the application, the number of which cannot be identified or known (un-identified). While the samples taken by incidental sampling were 100 respondents. The results of the questionnaire passed the validity and reliability tests and the classical assumptions were tested, namely Normality, Autocorrelation, Multicollinearity, Heteroscedasticity, and Linearity. Multiple linear regression was used as a method of analysis and testing with SPSS 26 application. The research findings support the first hypothesis, which argues that price has a significant and positive effect on purchasing decisions, online consumer reviews have a positive and significant impact on purchasing decisions and prices. and online consumer reviews both have a positive and significant influence on purchasing decisions.. Keywords: price, online consumer review, purchasing decisions

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Library & Information Science

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...