JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
Vol 3, No 2: Mei (2022)

Pelatihan Pemanfaatan Papan Permainan Daring, Blog, dan LKPD Interaktif untuk Menunjang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas bagi Guru

Farid Wahyudi (Universitas Islam Raden Rahmat)
Listanto Tri Utomo (Universitas Islam Raden Rahmat)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Abstrak: Pada pasca pandemi covid-19 pemerintah mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM) yaitu dengan kapasitas siswa dan jam pelajaran yang dibatasi sesuai dengan ketentuan level dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dampak dari kegiatan PTM tersebut pembelajaran di sekolah menjadi dua model yaitu tatap muka dan secara daring, dari keadaan itulah maka sekolah khususnya para guru perlu untuk belajar pengetahuan-pengetahuan baru dalam mengajar dalam dua model sekaligus atau biasanya disebut dengan blended learning. Maka dibutuhkan suatu pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik tanpa mengalami learning loss. Tujuan dari kegiatan pelatian ini adalah untuk memberikan kemampuan atau pengetahuan baru yaitu tentang bagaimana memanfaatkan papan permainan daring, blog untuk pendidik, dan LKPD interaktif dalam menunjang pembelajaran tatap muka terbatas. Pelatihan ini diikuti oleh 53 guru dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Malang, dan model pelaksanaan dari pelatihan adalah secara daring menggunakan aplikasi google meet, dimana para peserta yang sudah hadir nantinya dalam pelatihan diwajibkan untuk mempraktikan dan mengumpulkan hasil dari praktikumnya guna memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat dengan akumulasi 32 Jam Pelajaran.Abstract: In the post-covid-19 pandemic, the government began implementing Limited Face-to-face Learning (PTM), namely with limited student capacity and lesson hours in accordance with the level provisions of the Enforcement of Community Activity Restrictions (PPKM). The impact of PTM activities is learning in schools into two models, namely face-to-face and online, from that situation, schools, especially teachers, need to learn new knowledge in teaching in two models at once or usually called blended learning. So we need a training that can improve the ability of teachers in carrying out the learning process so that it continues to function smoothly and there is no loss of knowledge. This training activity's goal is to teach participants new skills or knowledge, such as how to use online learning media to supplement restricted face-to-face learning.This training was attended by 53 teachers from several schools in Malang Regency, and the implementation model of the training is online using the Google Meet application, where participants who have attended later in the training are required to practice and collect the results of their practicum in order to meet the requirements to get certificate with accumulated 32 Lesson Hours.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKMI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), dengan nomor ISSN 2721-026X (online), JPKMI Terdaftar di CrossRef system dengan Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.36596/jpkmi adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh ICSE (Institute of Computer Science and Engineering). ...