Indonesian Journal of Cardiology
Vol. 31, No. 1 Januari - April 2010

Estimasi Tekanan Atrium

Budi Susetyo Pikir (FIHA., Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler, Fakultas Kedokteran ā€“ RSUD Dr. Soetomo, Kelompok Studi Sel Puca ā€“ Lembaga Penyakit Tropik, Universitas Airlangga. Surabaya.)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2013

Abstract

Ekokardiografi alat yang serbaguna dengan ketersedia-an dan mobililitas yang tinggi dapat digunakan pada penderita dengan keadaan gawat dengan nilai diagnosis yang cukup tinggi. Pada penelitian Hanifah dkk dibandingkan penilaian parameter diastolik (E/Ea, E/Eā€™ atau E/e) secara non-invasif dan pemeriksaan CVP secara invasif. Pada penelitian seperti ini cara pengambilan sampel yang mudah ialah dengan purposive sampling yang dapat secara judgementatau quota. Cara terakhir yang sering digunakan dibidang kedokteran, setelah memenuhi kuota tertentu yang cukup secara statistik dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi, penelitian diakhiri biasanya dengan pernyataan misalnya penelitian dilakukan antara periode September ā€“ November 2009 seperti pada penelitian ini.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

ijc

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

Indonesian Journal of Cardiology (IJC) is a peer-reviewed and open-access journal established by Indonesian Heart Association (IHA)/Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) [www.inaheart.org] on the year 1979. This journal is published to meet the needs of physicians and other ...