Edum Journal
Vol. 5 No. 1 (2022): Edum Journal

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KINERJA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 6 BINAMU KEC. BINAMU KAB. JENEPONTO

Syamsinar S (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sukmawati Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny B (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan lnstrumen Penilaian Berbasis Kinerja yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development dan implementation. Berdasarkan analisis kevalidan berdasarkan data pengisian instrumen oleh dosen ahli dan praktisi baik dari segi desain dan materi menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis kinerja dinilai dengan skor rata-rata 3,56 yaitu Sangat Valid. Hasil analisis observasi keaktifan siswa dalam penggunaan instrumen penilaian berbasis kinerja diperoleh rata-rata adalah 87,5% dengan criteria Sangat Baik. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 90% yang terlaksana dari seluruh kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kategori sangat baik dan respon siswa diperoleh rata-rata skor 3,71 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis kinerja valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumjournal

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social. ...