Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DI SMAN 1 SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU

Dadun Kohar (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Kemampuan menulis siswa SMA masih banyak dikeluhkan. Jika kemampuan menulis itu merupakan hasil pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, maka pembelajaran bahasa Indonesia masih harus ditingkatkan. Salah satu komponen pembelajaran yang harus selalu dikembangkan yaitu komponen strategi/model pembelajaran. Terdapat banyak model pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran yang memberdayakan belahan otak kiri dan belahan otak kanan secara berbarengan dalam peembelajaran, yaitu model pembelajaran berbasis otak. Di sisi lain menulis merupakan aktivitas yang melibatkan dua belahan otak sekaligus. Karena itu perlu dilakukan penelitian tentang keefektifan model pembelajaran berbasis otak dalam pembelajaran menulis paragraf argumentatif di SMAN 1 Sindang Indramayu. dan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa SMAN 1 Sindang Indramayu setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis otak. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi-eksperimen dengan One-Group Pretest-Postest Design Variabel bebasnya model pembelajaran berbasis otak (MPBO) sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menyusun paragraf argumentatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Keabsahan data diperoleh dengan uji normalitas dan homoginitas. Untuk menguji keefektifan model pembelajaran digunakan rumus Uji-t . Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran berbasis otak efektif dalam pembelajaran menulis paragraf argumentatif di SMAN 1 Sidang Indramayu. Perbedaan rata-rata skor tes awal (30,76) dengan rata-rata skor tes akhir (83,84) terbukti berbeda secara signifikan. Adapun kemampuan menyusun paragraf argumentatif siswa SMAN 1 Sindang Indramayu baik pada penalaran induktif, penalaran generalisasi, penalaran sebab akibat, maupun penalaran analogi berkategori baik, yaitu para siswa telah mampu menarik simpulan berdasarkan fakta-fakta yang diberikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bahtera Indonesia adalah jurnal yang ditebritkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Univesitas Wiralodra (Unwir) Indramayu. Jurnal ini merupakan wadah informasi mengenai kebahasaan dan kesusastraan yang memuat hasil penelitian ...