Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022

Perbandingan Logistik Internasional Antara Jasa Pengiriman Pos Indonesia Dengan FedEx Semasa Covid-19

Immanuel Zai (Universitas Internasional Batam)
Felicia Koo (Universitas Internasional Batam)
Angela (Universitas Internasional Batam)
Andreas Yoshiro Ogawa (Universitas Internasional Batam)
Cindy Fransiska (Universitas Internasional Batam)
Desmond Lim (Universitas Internasional Batam)
Ekklesia (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar pandemi Covid-19, menyebabkan nilai globalisasi dan digitalisasi meningkat serta memaksa pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya. Pelaku usaha harus menjaga kualitas layanan agar tidak kehilangan pelanggan serta sukses dalam menjalankan usaha. Khususnya dalam dunia bisnis logistik, kualitas layanan dari perusahaan dapat dinilai dari aspek tarif pengiriman, waktu dan durasi pengiriman, pemanfaatan teknologi serta jangkauan pengiriman. Berdasarkan hasil analisis penulis, terbukti bahwa selama masa pandemi, terjadi penurunan omset dari objek peneliti yaitu Pos Indonesia dan FedEx yang melayani logistik dengan skala internasional. Selain itu, inovasi yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan layanan dari dan ke pelanggan, penjemputan paket yang dilakukan oleh Pos Indonesia langsung ke lokasi pengirim serta efisiensi kerja yang dilakukan oleh FedEx demi mengurangi mobilitas dan potensi penyebaran virus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

meka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bidang kajian Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi, yaitu: 1. Accounting and Auditing 2. Bank and Financial Management 3. Business Informatics 4. Business Logistics 5. Economics 6. Entrepreneurship and small business management 7. International Business 8. Management Tourism 9. ...