Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar pandemi Covid-19, menyebabkan nilai globalisasi dan digitalisasi meningkat serta memaksa pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya. Pelaku usaha harus menjaga kualitas layanan agar tidak kehilangan pelanggan serta sukses dalam menjalankan usaha. Khususnya dalam dunia bisnis logistik, kualitas layanan dari perusahaan dapat dinilai dari aspek tarif pengiriman, waktu dan durasi pengiriman, pemanfaatan teknologi serta jangkauan pengiriman. Berdasarkan hasil analisis penulis, terbukti bahwa selama masa pandemi, terjadi penurunan omset dari objek peneliti yaitu Pos Indonesia dan FedEx yang melayani logistik dengan skala internasional. Selain itu, inovasi yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan layanan dari dan ke pelanggan, penjemputan paket yang dilakukan oleh Pos Indonesia langsung ke lokasi pengirim serta efisiensi kerja yang dilakukan oleh FedEx demi mengurangi mobilitas dan potensi penyebaran virus.
Copyrights © 2022