Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SDN 211/IV Kota Jambi

Fitha Chaerunisa (Universitas Jambi)
Rizqi Alif Ifsyaussalam (Universitas Jambi)
Tiara Maharani (Universitas Jambi)
Syahrial Syahrial (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Pendekatan saintfik merupakan pendekatan yang harus diterapkan pada kurikulum 2013. Terdapat 5 langkah pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan. Setiap guru mempunyai cara yang berbeda dalam mengimplementasikan 5 langkah tersebut. Guru kelas memiliki cara yang unik saat mengimplementasikan langkah-langkah tersebut. Selain itu guru telah menggunakan penilaian autentik untuk menilai proses belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV SD Negeri 211/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 211/IV Kota Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah guru telah melaksanakan sebelas indikator yang ada pada pendekatan saintifik dan melakukan kelima langkah pendekatan saintik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...