Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Dicovery Learning Pada Muatan IPA Kelas 4 Sekolah Dasar

I Kadek Agus Gunawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Komang Ngurah Wiyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Rancang bangun video pembelajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi bagi siswa kelas 4 SD Negeri 1 Keliki. (2) Untuk mengetahui validitas video pembalajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi dari sisi isi, desain, dan video oleh para ahli dan para pengguna atau bagi siswa kelas 4 SD Negeri 1 Keliki. Dalam penelitian ini Model ADDIE dijadikan pedoman dalam pengembangan ini. Adapun tahapan model ADDIE meliputi (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaliation). Subjek pada penelitian ini adalah ahli desain, ahli isi, ahli media dan siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis discovery learning pada muatan IPA materi manfaat energi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, kuisioner/angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata skor validitas video pembelajaran berbasis discovery learning ini dapat ditentukan berdasarkan hasil evaluasi dari (1) rancang bangun video pembelajaran berbasis Discovery learning sudah sesuai dengan tahapan analisis model pengembangan ADDIE. (2) Uji Ahli Isi Pembelajaran, yang memperoleh hasil persentase 90.09% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Uji Ahli Desain Pembelajaran yang memperoleh hasil persentase 100% dengan kualifikasi baik, (4) Uji Ahli Media Pembelajaran, Yang memperoleh persentase 88,33% dengan kualifikasi baik, Dan uji terhadap siswa yang diantaranya (5) Uji Coba Perorangan yang memperoleh hasil persentase 90,72% dengan kualifikasi sangat baik dan (6) Uji Coba Kelompok Kecil yang memperoleh persentase 93,18% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis discovery learning layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...